Bagikan 5.000 Paket Sembako, Alat Kesehatan, Masker dan 10,2 Ton Beras

Pekerja PT Bharinto Ekatama atau BEK, membagikan masker di persimpangan lampu merah Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok pada Selasa, 16 Februari 2021 pagi. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara, PT Bharinto Ekatama (BEK) terus menunjukkan kepedulian di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Perusahaan dengan areal kerja meliputi Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Barito Utara di Provinsi Kalimantan Tengah kembali melakukan aksi sosial. Ratusan kain penutup hidung dan mulut atau masker dibagikan untuk pengguna jalan.

Muhamad Ardianto bersama sembilan rekannya dari Departemen Quality Safety dan Environment (QSE) BEK, membagikan masker. Menyasar warga yang melintas di perempatan lampu merah di Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok.

“Ini bentuk kepedulian kami, dan kami sangat berharap yang kita lakukan ini dapat membantu masyarakat,” ucap Ardianto yang memimpin pembagian masker pada Selasa, 16 Februari 2021 pagi dan disambut positif masyarakat.

“Ucap banyak terima kasih mas, atas pembagian masker PT BEK ini,”ungkap Imam, warga kawasan Busur, Kelurahan Barong Tongkok, saat disinggung mengenai bakti sosial tersebut.

Menurut Rahma Dewi selaku Community Development Officer BEK, perusahaan juga telah menyalurkan beragam rupa bantuan sosial. Empati ditunjukkan bersama PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM) sebagai bantuan kemanusiaan. Disalurkan di beberapa desa dan kecamatan di wilayah Kubar dan Barito Utara.

“Bantuan ditujukan dalam rangka penanggulangan Covid-19, dan sudah disalurkan BEK selama masa pandemi. Untuk periode Mei 2020 sampai Februari 2021, bantuan kami salurkan mencapai Rp1,3 miliar,” ujarnya kepada KabarKubar sore ini.

Dijelaskannya Rahma Dewi, sebagai kebutuhan utama, BEK menyalurkan bahan pangan atau sembilan bahan pokok sebanyak 4.900 paket. Bantuan berupa beras, gula, kopi, teh dan minyak goreng itu dibagikan di enam desa. Tiga desa di Kabupaten Kutai Barat, dan tiga desa di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Yang mana penerima manfaat, mencakup berbagai latar belakang masyarakat. Terutama bagi warga yang kurang mampu, dan terdampak di enam desa binaan. Sebanyak 100 paket sembako kami serahkan ke Satuan Tugas Covid-19 Palangkaraya, Provinsi Kalteng,” katanya.

Alat kesehatan dalam berbagai bentuk yang berasal dari Corporate Social Responsibilty atau CSR BEK dan ITM. Beragam alat kesehatan itu dibagikan untuk kader posyandu di enam desa binaan, puskesmas area binaan, RSUD, SMP, Satgas Desa dan masyarakat umum di Kubar.

Antara lain:

Masker Medis 231 kotak
Sarung Tangan Medis 167 kotak
Hazmat 130 buah
Safety Google 130 buah
Safety Visor 130 buah
Sepatu Boots 160 buah
Shoes Cover 50 buah
Vitamin C 1.544 tube
Thermo Gun 10 unit
Disinfektan 330 liter=
Hand Soap 85 liter
Hand Sanitizer 74 botol
Sprayer 2 unit
Kacamata Medis 6 buah
Masker Kain 4.190 buah
Tandon Air 1 unit
Bak Cuci Tangan 15 unit

Tidak hanya itu, sebanyak 58 unit Bak Cuci Tangan dari Forum CSR Kontraktor TCM-BEK juga dibagikan untuk 20 kampung binaan di wilayah empat kecamatan. Yakni Kecamatan Damai, Muara Lawa, Bentian Besar dan Melak. Bagi masyarakat di 20 kampung binaan itu juga disalurkan beras sebanyak 10.250 kilogram.

“Kita berharap pandemi ini segera berlalu. Kami terus menegaskan agar para pekerja di perusahaan tetap menerapkan protokol kesehatan. Semoga apa yang sudah diberikan perusahaan dapat bermanfaat, setidaknya mengurangi beban masyarakat,” jelasnya.

“Kita tidak pernah tahu siapa yang sakit di antara kita. Mari bersama menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan,” pungkas Rahma Dewi. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here