Hits: 0

Demi Mencapai Kualitas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa

Bimtek Siskeudes dengan 634 Peserta di BPU Tanaa Purai Ngeriman, Senin 7/8/2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Empat hari ke depan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur akan menetap di Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat. Tim yang dipimpin Pengedali Teknis BPKP Kaltim, Bambang Cahyo itu akan melatih 634 orang yang datang 190 kampung di 16 kecamatan. Tujuannya untuk mengajari para aparatur pemerintahan kecamatan dan kampung menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes.

Dimulai pagi tadi, Senin 7/8/2017 sampai Kamis 10/8/2017, pelatihan itu akan dibagi dalam 2 tahap yang dibagi masing-masing 95 kampung dalam 8 kecamatan. Mereka terdiri dari 16 Camat, Kasi Pemerintahan (16), Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kampung (16), Operator Kecamatan (16), dan Petinggi, Sekretaris Kampung serta Bendahara Kampung sebanyak masing-masing 190 orang.

“Ada Bupati Pamekasan di Pulau Madura ditangkap karena dana desa. Jangan lepas dari aturan soal dana desa, karena ini dari Pusat untuk mempercepat kesejahteraan kampung. Harus saling kordinasi, karena muaranya saya yang ikut bertanggungjawab,” kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kubar, Sahadi, pada Peserta Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Desa Menggunakan Aplikasi Siskeudes, di BPU Tanaa Purai Ngeriman.

Sahadi mengungkapkan, Bimtek Siskeudes bertujuan lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan aparat pengelola keuangan desa di Kubar. Khususnya penatausahaan dan pelaporan keuangan desa, agar pelaksanaan pengelolaan keuangan desa dapat dilaksanakan sesuai ketentuan berlaku.

Penerapannya dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 tanpa terkecuali. Dengan didampingi aparat kecamatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, BKAD dan Perwakilan BPKP Kaltim. “Untuk peningkatan kualitas akuntabilitas, maka diterapkan aplikasi Siskeudes ini,” ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan Kubar ini.



Ia berharap, peserta pelatihan mampu memahami konsep dan praktik pengelolaan keuangan desa atau kampung dengan aplikasi Siskeudes. Khususnya pada tahapan penatausahaan dan penyusunan laporan keuangan desa atau kampung. Harapan lain, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa atau kampung makin meningkat. Juga mendukung peningkatan opini Badan Pemeriksa Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemkab tahun anggaran 2018.

Bimtek ini sebagai lanjutan dari kegiatan sama yang telah dilaksanakan sebelumnya, pada 5-6 Juni 2017 dan 12-15 Juni 2017. Didasari 10 aturan terkait, yang 2 diantara adalah Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Ada juga Surat Komisi Pemberantasan Korupsi RI Nomor: B-7508/01-16/08/2016, tanggal 31 Agustus 2016, yang ditujukan kepada para Kepala Desa di seluruh Indonesia, perihal Imbauan terkait Pengelolaan Keuangan Desa atau Dana Desa.

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, Pemkab Kubar mengingatkan pentingnya Bimtek Siskeudes. Demi mencapai kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dan optimalisasi penyelenggaraan pemerintah desa. Pembekalan itu merupakan tahapan yang tidak kalah penting setelah perencanaan dan pelaksanaan. Akan dilaksanakan pencatatan dari penerimaan, baik yang bersumber dari pendapatan asli desa (PADesa), pendapatan transfer, dan pendapatan lainnya yang bersumber dari pendapatan pembiayaan.

Mendukung hal ini, diperlukan ASN yang tidak hanya memiliki komitmen, dan kemampuan di bidang administratif keuangan saja. namun membutuhkan ketelitian, kedisiplinan, dan keakuratan. “Karena mengingat kegiatan penatausahaan ini wajib dipertanggungjawabkan dalam laporan setiap bulan secara akurat dan transparan kepada Petinggi paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya,” ujarnya melalui sambutan yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur.
Sonny Lee Hutagalung



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here