Akan Dibangun Markas, Perumahan, Sarana Olahraga, Tempat Ibadah dan TK Bhayangkari

Wakil Kepala Polres Kubar Komisaris Polisi Sukarman didampingi Kapolsek Long Bagun Iptu Purwanto, menuju lokasi bakal Markas Polres Mahulu bersama Wakil Bupati Mahulu Juan Jenau, Senin 19/11/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Sejak resmi berdiri sebagai daerah otonomi baru pada Januari 2013, Kabupaten Mahakam Ulu masih menjadi wilayah hukum Kepolisian Resor Kutai Barat. Hanya saja, personel yang disebar pada empat Kepolisian Sektor di sana dinilai tidak lagi memadai saat ini. Sebab pelayanan kepolisian yang dibutuhkan masyarakat semakin beragam.

Pemerintah Kabupaten Mahulu pun berharap Polri dapat hadir lebih dekat. Dengan membentuk organisasi setingkat Polres, dan nantinya akan memberikan pelayanan kepolisian yang lebih baik. Sebab saat ini masyarakat Mahulu harus ke Barong Tongkok di Kabupaten Kutai Barat untuk berbagai urusan yang berhubungan dengan Polres.



“Ya kita ingin lah segera dibentuk Polres Mahulu. Supaya warga kita tidak harus pergi jauh jika akan berurusan ke Polres. Dan kita sudah siapkan lahan seluas 10 hektare,” kata Wakil Bupati Mahulu, Juan Jenau, melalui sambungan telepon, Senin 26/11/2018.

Kepala Polres Kubar, Ajun Komisaris Besar Polisi I Putu Yuni Setiawan mengungkapkan, Pemkab Mahulu telah menyiapkan lahan untuk dibangun markas Polres Mahulu nantinya. Lahan berukuran 550 x 220 meter itu berada di wilayah Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun. Terletak bersebelahan dengan bakal Markas Kodim 0913/Mahulu.

Untuk pembangunan Markas Polres Mahulu telah disiapkan lahan seluas 110.000 meter persegi di wilayah Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Kami sudah meninjau lokasi, dengan dipimpin Pak Waka (Wakil Kepala Polres Kubar, Komisaris Polisi Sukarman). Sekaligus melakukan pengukuran dan pemancangan patok batas serta pemasangan plang lokasi lahan Polres Mahulu,” kata AKBP Putu Setiawan, di ruang kerjanya.

Wakil Kapolsek Long Bagun, Ipda Lengo, bersama anggotanya memasang patok dan plang nama lokasi pembangunan Polres Mahulu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Mantan Waka Polres Subang Polda Jabar ini menambahkan, pembangunan Markas Polres Mahulu segera dilakukan setelah persyaratan administrasi telah rampung. Soal pembentukan Polres Mahulu, diakui adalah kewenangan Mabes Polri. Namun ia meyakini tidak akan lama akan segera dibentuk, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

“Nantinya di lahan tersebut juga akan dibangun perumahan bagi anggota Polres Mahulu. Sarana olahraga, tempat ibadah dan sarana lainnya yang mendukung kinerja Polisi. Oh ya, kita akan bangun juga TK Bhayangkari yang dibuka untuk umum,” jelas AKBP Putu Setiawan.




Untuk diketahui, Senin 19/11/2019 lalu, peninjauan lokasi lahan Polres Mahulu dihadiri juga Wabup Mahulu, Juan Jenau didampingi Kabag Pemerintahan Setkab Mahulu Damianus Tamha. Sedangkan Waka Polres Kubar Kompol Sukarman, didampingi Kepala Polsek Long Bagun Iptu Purwanto dan sejumlah personel Polsek Long Bagun. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here