Demokrat Mahulu Cari Pemimpin, Mantan Birokrat Ini Jadi Pesaing Julaiha

0
346

Tim 5 DPP Akan Tentukan Ketua Terpilih

Nasution Hibau Djaang sudah memasang baliho yang ada dirinya bersama para petinggi Partai Demokrat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM

Partai Demokrat melaksanakan Musyawarah Cabang Serentak untuk 10 Dewan Pimpinan Cabang di Provinsi Kalimantan Timur. Sejumlah nama pun muncul menjadi kandidat Ketua DPC di masing-masing kabupaten dan kota. Mereka telah dan akan mengikuti tahapan yang ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat.

Untuk DPC Partai Demokrat Kabupaten Mahakam Ulu, ada dua nama yang muncul. Kelawing Bayau yang akrab disapa Julaiha, kembali menjadi calon setelah menjabat lebih dari satu periode. Wanita ini juga duduk sebagai Anggota DPRD Mahulu sejak tahun 2014 hingga kini.

Pesaingnya adalah Nasution Hibau Djaang. Pria ini belum lama memasuki purna tugas atau pensiun sebagai PNS. Ia terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Mahakam Ulu.

A Kelawing Bayau atau Julaiha memasang baliho ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bernuansa Partai Demokrat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Tadi malam keduanya sudah mengikuti tahapan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) bersama para calon Ketua DPC lainnya,” kata Ketua Badan Pembinaan Organisasi Kaderitas Dan Keanggotaan Daerah DPD Partai Demokrat Kaltim, Andi Andis Muhris pada Sabtu, 16 April 2022.

Andis menjelaskan, Julaiha dan Nasution Himbau telah memaparkan visi dan misi dalam memimpin DPC Partai Demokrat Mahulu untuk la tahun ke depan. Pemaparan dilakukan secara dalam jaringan atau online di hadapan Tim 5 yang menjadi penguji dan penilai.

Tim 5 diisi oleh tiga pimpinan di DPP. Yakni, Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya, dan Kepala BPOKK Herman Khaeron. Dua lagi dari DPD Partai Demokrat Kaltim, yaitu Ketua DPD Irwan dan Sekretaris DPD Wibowo Handoko.

Disinggung peluang siapa paling besar untuk memimpin di Mahulu, Andis menyebut hak mutlak ada pada Tim 5. Tanpa mengedepankan latar belakang atau garis keturunan.

Seperti halnya Nasution Himbau yang merupakan saudara kandung dari Syaharie Jaang, Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim periode 2017-2022.

“Tidak serta merta karena saudara kandung Pak Syaharie Jaang. Akan dinilai secara objektif, termasuk kemampuan untuk memajukan partai ke depan,” tegas Andis yang juga Ketua Panitia Muscab Serentak Partai Demokrat Kaltim yang digelar di Hotel Platinum, Kota Balikpapan pada 30-31 Maret 2022 lalu.

Muscab sendiri, lanjut Andis, hanya menentukan bakal calon ketua menjadi calon ketua. Setiap bakal calon harus mengantongi dukungan sedikitnya 20 persen dari PAC yang ada di wilayah DPC.

“Muscab hanya untuk merekomendasikan calon kepada Tim 5 untuk melakukan fit and proper test dan memutuskannya ketua terpilih,” pungkasnya.

Partai Demokrat saat ini memiliki dua kursi di DPRD Mahulu dari hasil Pemilu Legislatif tahun 2019. Selain Jualiha yang pada periode 2014-2019 juga duduk dari PartaiDemokrat, ada Geh Luhat. #Sonny Lee Hutagalung

 

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here