Hits: 1

Rencanakan Pertandingan Sepakbola dan Voli Usia SMP

Rapat persiapan Perayaan HUT Ke-73 Republik Indonesia tahun 2018 di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Barong Tongkok, Jumat 18/5/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pelaksana Tugas Camat Barong Tongkok, Denasius Sodop, menginginkan perubahan pola pikir masyarakat dalam setiap momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ia berharap, warga tidak berpikir hanya mengejar hadiah yang disediakan panitia perayaan 17 Agustus. Sehingga gebyar HUT Ke-73 RI tahun 2018 ini akan lebih bermakna.

“Kalau tadinya masyarakat berpikir ujung-ujungnya hadiah, maka tahun ini jangan diukur dengan berapa besar nilai hadiah yang akan didapat,” ungkap Denasius, Jumat 18/5/2018 lalu di ruang kerjanya.

Menurut pria yang sebelumnya menjabat Lurah Simpang Raya ini, yang terpenting dalam momen 17-an adalah bagaimana makna dari perayaan itu sendiri. Terutama dalam mengembangkan wawasan kebangsaan masing-masing masyarakat. Jika mensyukuri kemerdekaan, perayaan HUT RI dapat memacu semangat wawasan kebangsaan.

Salah satu hal yang menunjukkan semangat kebangsaan dan nasionalisme, jelas Denasius, adalah pemasangan Bendera Merah Putih di tiap rumah dan lingkungan sekitarnya. Sebab diakuinya, sudah jarang masyarakat yang mau menaikkan bendera selama bulan Agustus. Bahkan memasang bendera untuk beberapa hari saja pun sudah sulit ditemui. “Saya ingin melihat nuansa baru, bahwa masyarakat di setiap kampung bisa mengibarkan bendera merah putih. Khususnya masyarakat yang ada di jalan poros,” tegasnya.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di 19 kampung dan 2 kelurahan di Kecamatan Barong Tongkok, diadakan rapat persiapan di BPU Barong Tongkok. Agar pelaksanaan Perayaan 17 Agustus 2018 ini berjalan baik. Rapat didasari perlunya mengembangkan wawasan kebangsaan. Sebab tahun tahun lalu tidak dilaksanakan perayaan, dan tahun ini mutlak harus dirayakan.

Pelaksana Tugas Camat Barong Tongkok, Denasius Sodop. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Seperti biasa dilaksanakan, perayaan tahun ini juga direncanakan menggelar pertandingan olahraga yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Rata Kuta. Yakni pertandingan sepakbola putra, serta bola voli untuk putra dan putri. Bedanya, disiapkan pertandingan olahraga khusus tingkat pemula atau usia SMP. “Agar ada bibit-bibit generasi untuk bidang olahraga ini,” sebutnya.

“Ada usulan tokoh masyarakat agar diadakan lomba kebersihan antar kampung dalam wilayah Kecamatan Barong Tongkok. Tapi masih dalam perencanaan,” imbuh Denasius.

Rapat yang dihadiri sekitar 70 orang itu diikuti juga oleh Kasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pembangunan, Santo dan Antonius selaku Kasubbag Umum. Termasuk para petinggi dan lurah, serta tokoh masyarakat. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here