Hits: 0

Jumlah Tenaga Kerja Rawan Dimanipulasi

0206_Anggota DPRD Kubar, Anita Theresia

BARONG TONGKOK – Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat meminta Dinas Tenaga Kerja Kubar memiliki data lengkap perusahaan yang beroperasi di Tanaa Purai Ngeriman. Termasuk data karyawan yang bekerja di puluhan perusahaan di Kubar. Tujuannya, mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah Kubar melalui sektor pajak.

“Supaya kita tahu besaran PAD tiap tahun dari sektor pajak perusahaan dan tenaga kerjanya secara jelas,” ujar Anggota DPRD Kubar dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Anita Theresia.

Menurutnya, secara administrasi jumlah perusahaan dan karyawan itu sangat penting diketahui oleh pemerintah dan DPRD. “Kita ingin jelas berapa perusahaan yang masih beroperasi, dan berapa jumlah total karyawan perusahaan se-Kubar. Kita kaitkan dengan penghasilan pajak untuk PAD, apakah sudah singkron  atau belum,” kata Anita.

Dijelaskannya, jika tidak diketahui jelas jumlah total perusahaan se-Kubar, maka bisa menjadi celah oleh perusahaan menunggak pajak kepada pemerintah. Melihat situasi saat ini, Anita menilai cukup banyak perusahaan perkebunan sawit dan tambang yang beroperasi di Kubar. “Begitu juga karyawannya, saya kira saat ini mencapai puluhan ribu se-Kubar. Kalau tidak ada  pembayaran pajak yang jelas, maka itu merugikan daerah,” paparnya.

Senada dikatakan Astaman, rekan Anita di Fraksi PDIP. Jumlah total perusahaan dan karyawan perusahaan se-Kubar, tegas dia, harus diketahui oleh pemerintah dan DPRD. Selain mengoptimalkan pajak untuk PAD, hal itu menyangkut Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja karyawan. Bagaimanapun juga, jika terjadi masalah antara perusahaan dengan karyawannya, DPRD dan pemerintah yang menjadi tempat penyelesaian. Untuk itu, Dewan mengimbau perusahaan dan pemerintah melalui Disnaker harus sinergi.

“Artinya perusahaan harus memberikan data jelas kepada pemerintah. Demikian juga pemerintah sebaiknya pro aktif jemput bola terkait data itu ke perusahaan,” ungkap Politisi PDIP asal Kecamatan Long Iram itu.  Astaman mengatakan, DPRD Kubar akan selalu memantau perusahaan se-Kubar. Agar PAD dari sektor pajak perusahaan bisa meningkat.    #M Imran

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here