Di PHK Sepihak Ex Karyawan PT.KLJ Lakukan Aksi Stop dan Putar Balik Truck CPO Ke Pabrik.

688 views

17 Karyawan di Putuskan Kontrak Sepihak.

Ex Karyawan PT.KLJ saat lakukan Aksi dan ditemui Perwakilan PT.KLJ, Asisten Manager, Sihar T Sihombing.( Istimewa )

KABARKUBAR.COM – SENDAWAR

Puluhan Ex Karyawan  PT.Keruing Lestari Jaya Lakukan Aksi Tolak Pemutusan Kontrak sepihak yang dilakukan beberapa waktu lalu. Aksi ini ditandai dengan penyetopan dan meminta putar balik kembali ke pabrik perusahaan truk pengangkutan Cruid Oil Palm atau CPO yang melintasi jalan Kampung Damai Seberang.Selasa 22 Agustus 2023.

“Kami minta di pekerjakan kembali oleh perusahaan, karena pemutusan kontrak sepihak,” tegas Filipus salah satu ex karyawan PT.KLJ.

Ditambahkannya kami merasa diperlakukan tidak adil dan tidak diberdayakan sebab kami adalah tenaga kerja lokal yang merupakan masyarakat yang paling terdampak dengan adanya perusahaan ini beroperasi di daerah kami.

“Kami tetap lakukan aksi ini menuntut kami bisa kembali kerja dengan status yang jelas,” tambahnya.

Adapun kronologis kejadian sebelum melakukan aksi ini ex Karyawan pada 03 Mei 2023 telah bersurat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Barat.Perihal pelanggaran status karyawan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan Pengupahan namun hingga saat ini belum ada respon Disnakertrans.

Kemudian pada tanggal 05 Agustus 2023 ex karyawan dengan jabatan driver truk CPO 7,2 ton dipanggil untuk sosialisasi keputusan manajemen unit truk CPO 14, 5 ton.

Namun faktanya bukan sosialisasi justru pemberitahuan bahwa driver truck CPO kapasitas 7,2 ton diberhentikan secara sepihak bukan seharusnya( Karyawan lama ) membawa unit baru truk CPO kapasitas 4,5 ton. Unit tersebut malah dibawa driver baru.

Sehingga pada tanggal 7 Agustus 2023 ex karyawan mencoba bersurat ke pihak manajemen PT.KLJ namun belum ada respon. Dan juga bersurat ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kutai Barat.

Merasa berbagai upaya telah dilakukan namun tak membuahkan hasil akhir disepakati 17 ex karyawan melakukan aksi   penyetopan dan minta putar arah kembali ke pabrik.

Dalam aksi ini hadir personel dari Polsek Damai untuk melakukan pengamanan ex karyawan yang melakukan aksi.

Perwakilan perusahaan, Asisten Manager, Sihar T Sihombing sempat hadir menemui pihak ex karyawan, namun pihaknya belum bisa memberikan keputusan terkait masalah ini.# Kornelius

 

Komentar

comments