Hits: 14

Sepanjang 15 Kilometer Tidak Dapat Dilintasi

Perwakilan warga yang mengklaim sebagai pemilik lahan yang dijadikan akses PT Kruing Lestari Jaya, melakukan penutupan jalan pada Rabu, 13 Oktober 2021. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

DAMAI – KABARKUBAR.COM

Puluhan warga Kampung Damai Seberang di Kecamatan Damai menutup akses yang digunakan PT Kruing Lestari Jaya. Penutupan jalan, tepatnya di Kilometer 0 Kampung Damai Seberang dilakukan karena perusahaan perkebunan sawit dianggap ingkar janji. Aksi yang dilakukan sejak Rabu, 13 Oktober 2021 pagi ini akan terus dilakukan hingga ada kejelasan dari pihak perusahaan.

Jon Albert salah satu peserta aksi yang juga adalah pemilik lahan mengatakan, aksi penutupan akses ini adalah luapan kekecewaan masyarakat terhadap perusahaan. Akibat tidak adanya sosialisasi dengan masyarakat, sampai kapan jalan tersebut dipakai.

Padahal yang dilintasi adalah hak warga. “Penutupan akses jalan ini dilakukan oleh pemilik lahan dari Kilometer 0 sampai dengan Kilometer 15,” ungkapnya.

Yohanis yang juga pemilik lahan di Kilometer 4 mengatakan, jika bicara kronologis maka panjang sekali. Awalnya perusahan meminta izin pemerintah untuk menggarap jalan tersebut, masyarakat melalui Petinggi telah minta sosialisasi. Tapi tidak pernah dilakukan oleh PT Kruing Lestari Jaya.

Perusahaan justru memilih melobi warga dengan janji-janji pembuatan kaplingan atau tapaq, meratakan lahan, pasang gorong-gorong dan turap. Namun walaupun berkali-kali melalui proses pertemuan, tapi tidak dipenuhi atau digubris pihak perusahaan.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here