Hits: 58

Wadah Mencari Kerja, Pelatihan dan Pemagangan

PT Pamapersada Nusantara saat membahas pembukaan Bursa Kerja Khusus di SMK Negeri 2 Sendawar pada Selasa, 15 Juni 2021. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bursa Kerja Khusus atau BKK akan dibuka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sendawar. Hal itu menjadi kabar baik untuk masyarakat Kabupaten Kutai Barat, khususnya para pencari kerja. Sebab, salah satu perusahaan ternama di bidang pertambangan nasional, PT Pamapersada Nusantara atau Pama Group, siap mendukung.

“Kami melakukan penjajakan bermitra, bekerjasama dengan SMKN 2 Sendawar, dalam hal Bursa Kerja Khusus,” ungkap Recruitment And Selection Head PT Pamapersada Nusantara, Hendra Maraden Hutagalung pada Selasa, 15 Juni 2021.

Di sela meninjau fasilitas kegiatan belajar mengajar di SMKN 2 Sendawar, Hendra menekankan kemitraan tersebut untuk mengkaji program-program apa saja yang bisa dilakukan bersama. Tujuannya, bagaimana berkontribusi dalam mengembangkan calon-calon tenaga kerja yang bersumber dari SMK.

Hendra tidak menampik jika BKK juga akan berupa pemagangan atau pelatihan kerja bagi pencari kerja. Setelah penjajakan, dan jika sepakat dengan pihak sekolah, maka akan dibuat Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding.

Kemudian akan bersinergi, untuk program-program yang dibutuhkan oleh SMK. Jika sudah memenuhi unsur, nantinya akan bekerjasama sebagai BKK Center. “Nah, dari program-program itulah nanti akan kita sepakati untuk membuat implementasi program yang lebih spesifik,” ujar pria lulusan Universitas Kristen Maranatha Bandung ini.

Recruitment And Selection Head PT Pamapersada Nusantara, Hendra Maraden Hutagalung, mengunjungi lokasi sekolah dengan didampingi Kepala SMKN 2 Sendawar, Raymundus. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Lulusan SMA Plus Matauli Kota Sibolga ini menjelaskan, tidak menutup kemungkinan akan memberikan pelatihan di luar bidang pertambangan. Tidak hanya seputar perbaikan mesin atau pengoperasian alat berat. “Tentunya dimulai dari kompetensi kita di bidang tambang. Tetapi ke depan jika ditemui hal yang menarik, dan bisa kita sinergikan, kenapa tidak?” katanya kepada KabarKubar.

Dijelaskannya, BKK bisa saja menjadi wadah untuk menapaki dunia usaha atau dunia industri. “Tentu kepada putra terbaik setempat, orang yang ada di sini, untuk kita kembangkan sejak dini. Bagaimana mereka bisa menambah wawasan, pengetahuan, karakternya, sehingga bisa bekerja di perusahaan,” kata Hendra.

Mereka yang menjadi peserta BKK, tidak diwajibkan untuk bekerja di Pama Group. Tapi diberi kesempatan jika mereka berminat bekerja di perusahaan lain. “Boleh (kerja di perusahaan lain), tapi mereka sudah kita perlengkapi secara soft skill (keterampilan dasar), secara attitude (sikap). Mungkin secara kompetensi kita bekerjasama. Jadi tujuannya itu sebenarnya baik dan mulia,” pungkasnya.

Hendra mengunjungi SMKN 2 Sendawar yang beralamat di Jalan Pendidikan RT 14 Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, bersama enam Staf Pama Group. Baik dari kantor pusat di Jakarta, Balikpapan dan Site PT Trubaindo Coal Mining.

Menurut Kepala SMKN 2 Sendawar, Raymundus, wacana pembukaan BKK menjadi sebuah kesempatan baik. Sebab dapat memfasilitasi putra-putri setempat ke dunia kerja. Terlebih jika memenuhi syarat dunia usaha dan dunia industri atau DU/DI.

“Guru-guru akan jadi peserta, untuk bisa meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. BKK ini juga akan jadi sentra dudi yang sekarang disebut Iduka (Industri Dunia Usaha Kerja),” ujarnya di ruang kerja.

Ia mengakui setiap tahun sekolahnya telah bekerjasama dengan Pama Group. Baik untuk Pendidikan Sistem Ganda yang dulu disebut Praktek Kerja Lapangan.  Kerja sama itu dituangkan dalam MoU dengan mengakomodasi semua jurusan yang ada.

Diskusi santai Pama Group dan jajaran SMKN 2 Sendawar, usai pertemuan dan tinjauan terkait pembukaan Bursa Kerja Khusus. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Pama Group juga mengirimkan karyawan atau staf untuk menjadi Guru Tamu ke SMKN 2 Sendawar. Meski di saat tertentu yang biasanya dua kali dalam setahun. “Kemungkinan dijajaki untuk menyelaraskan dengan program pendidikan terkait kurikulum SMK 2 dengan Iduka,” jelas Raymundus yang saat pertemuan didampingi Wakil Kepala Bidang Humas, Joko Suroso, dan sebagai Ketua BKK SMKN 2 Sendawar.

Untuk diketahui, Bursa Kerja Khusus adalah sebuah lembaga yang dibentuk di SMK Negeri dan Swasta. Sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja.

BKK menjalin dan mengembangkan hubungan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, serta melaksanakan kegiatan yang berkaitan. BKK merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat.

Berfungsi sebagai wadah mempertemukan tamatan dengan pencari kerja. Juga sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja. Bisa menjadi wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan melalui pelatihan.

Tidak kalah penting, BKK memberikan informasi pasar kerja. Termasuk pendaftaran pencari kerja, memberikan penyuluhan dan bimbingan jabatan. Serta penyaluran dan penempatan pencari kerja. #Andry Anhar

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here