Hits: 0

Tunggu Serah Terima Lahan dan Kantor Bupati Mahulu Telah Berdiri

Tim Koramil 0912-03 Long Bagun beserta Staf Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Mahakam Ulu, meninjau dan memancang patok batas tanah untuk lokasi pembangunan Markas Kodim Mahulu, Jumat 9/11/2018 lalu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Komando Distrik Militer yang membawahi wilayah Kabupaten Mahakam Ulu bakal dibentuk. Apalagi Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu telah menyiapkan lahan seluas 7 hektare untuk dibangun Markas Kodim di kawasan Perkantoran Pemkab Mahulu. Lahan yang terletak di Kampung Long Melaham, Kecamatan Long Bagun itu tepat di sebelah lahan untuk bakal Markas Kepolisian Resor Mahulu.

Diungkapkan Komandan Kodim 0912/Kutai Barat, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, anggotanya telah melakukan peninjauan di lokasi yang akan dihibahkan Pemkab Mahulu itu. Sekaligus dilakukan pemancangan patok batas tanah yang berukuran panjang 140 meter dan lebar 500 meter.



Pemancangan batok batas tanah dipimpin Komandan Komando Rayon  Militer 0912-03 Long Bagun, Mayor Suli Hartoyo, yang disertai empat personelnya. Didampingi dua Staf Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Mahulu, yakni Dodik dan Zainuddin. “Soal pembangunan Makodim nantinya, kita menunggu serah terima lahan secara resmi,” kata Letkol Rudi Setiawan, Senin 19/11/2018 di ruang kerjanya.

Komandan Koramil 0912-03 Long Bagun, Mayor Infanteri Suli Hartoyo bersama anggotanya memasang patok batas tanah di lokasi yang akan dihibahkan Pemkab Mahulu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ditanya soal rencana pembangunan Makodim, Dandim menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinannya, Komandan Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma Brigadir Jenderal TNI Irham Waroihan. “Jika tidak ada kendala, paling tidak awal tahun 2020 sudah dibangun,” katanya.

Letkol Rudi Setiawan mengakui, rencana pembentukan Kodim dan pembangunan Makodim di Mahulu telah ditinjau langsung pejabat militer yang berwenang. Baik dari Komando Daerah Militer VI/Mulawarman dan Markas Besar TNI di Jakarta. “Diputuskan untuk menunggu Kantor Bupati Mahulu selesai dulu, barulah Makodim dibangun. Tidak baik kelihatan, jika Makodim lebih dulu dibangun,” jelasnya.

Lokasi bakal dibangun Markas Kodim Mahulu di wilayah Kampung Long Melaham, Kecamatan Long Bagun. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Dari Peta Kantor Vertikal Kabupaten Mahakam Ulu yang diterima KabarKubar, luas yang dipersiapkan untuk empat lembaga atau instansi mencapai 30 hektar. Yang letaknya sekitar 340 meter dari Rumah Sakit Gerbang Sehat Mahulu. Titik kordinat Bakal Makodim Mahulu sendiri berada pada N: 0°26’44.06″ dan E: 115°15’38.07″.



Untuk diketahui, Kabupaten Mahakam Ulu adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012. Kabupaten ini resmi dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Pembentukan Kabupaten Mahakam Ulu. Dan diresmikan sebagai Daerah Otonomi Baru pada 20 Mei 2013 dengan ibukotanya, Ujoh Bilang.

Hingga kini, kabupaten yang terdiri dari 50 kampung dalam lima kecamatan dengan jumlah penduduk mencapai 33.420 jiwa ini hanya ada tiga Koramil dengan sekitar 40 personel TNI. Dengan wilayah seluas 15.315 kilometer persegi, dinilai membutuhkan tambahan personel TNI dan layak dibentuk satu Kodim. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here