Hits: 0

Arjan: “Pemuda harus menjadi pelaku aktif dalam pembangunan”

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, bersama Ketua OKK DPD KNPI Provinsi Kalimantan Timur, Arif Rahman Hakim, dan Pengurus DPD KNPI Kabupaten Kutai Barat masa bakti 2019-2022 di Ruang Aji Tulur Jejangkat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Canissius Arjan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Kutai Barat pada Senin, 23 Desember 2019. Ia terpilih pada Musyawarah Daerah ke VI DPD KNPI Kubar tahun 2019 di Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya. Hari ini, ia dilantik untuk resmi menduduki posisi yang ditinggalkan pejabat sebelumnya, FX Sumardi, masa bakti 2019-2022.
Usai dilantik oleh Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPD KNPI Provinsi Kalimantan Timur, Arif Rahman Hakim, ia pun menyampaikan programnya. “Ke depan akan mengembangkan Pemuda Kutai Barat yang kreatif, inovatif, produktif, berbudaya dan mandiri. KNPI Kubar akan bangkit dan berdampak melalui seni, olahraga maupun pariwisata,” ujarnya dalam acara di Ruangan Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kubar pada Selasa, 3 Maret 2020.
Ia dilantik bersama Fachrujiansyah Bachsan sebagai Sekretaris dan Syahir Syahraeny di posisi Bendahara. Turut pula puluhan pengurus lainnya, dan Majelis Pemuda Indonesia yang dipercayakan kepada ketua sebelumnya, FX Sumardi.
Arjan mengungkapkan tekadnya untuk dapat membangun sinergritas yang baik dengan pemerintah. Serta dapat menciptakan peluang kerja bagi pemuda di Kubar. Seraya melaksanakan program untuk mendorong pemuda berkembang di bidang perikanan, perkebunan dan pertanian. Termasuk budidaya jahe.
Canissius Arjan dilantik untuk memimpin DPD KNPI Kubar untuk tiga tahun ke depan bersama Fachrujiansyah dan Syahir  di posisi Sekretaris dan Bendahara, serta puluhan pengurus lainnya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ia berharap pemuda dapat berperan aktif mengerahkan jiwa muda. Dengan begotongroyong bersama yang merupakan modal untuk pengembangan kesadaran para generasi muda. “Pemuda harus menjadi pelaku aktif dalam pembangunan, terutama di Bumi Tanaa Purai Ngeriman Ini,” tuturnya dalam sambutan.
Ia berpesan dan mengajak pemuda untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada Kubar tahun 2020 ini. Juga mendukung program yang telah dan akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.
Tidak lupa berterimakasih atas dukungan pemerintah daerah kepada KNPI, ia berharap sinergi akan tetap terjaga. Untuk melanjutkan tongkat estafet organisasi kepemudaan mendukung program serta visi dan misi Bupati Kubar. “Juga berperan dalam rangka membangun pemuda-pemudi di Kabupaten Kutai Barat,” ucap Arjan.
Pada pelantikan bertema ‘Bersama Pemuda Membangun Kutai Barat’, Arief Rahman Hakim berpesan agar KNPI dapat menjadi mitra yang baik dan terus membangun komunikasi baik. “Harapan saya ke depan, pemuda menjadi harapan untuk tetap lakukan koordinasi, sinergitas dengan unsur stakeholder yang ada. Karena itu sangat penting dan saya berpesan agar pemuda bersatu,” katanya.
Menjabat Ketua DPD KNPI Kubar selama dua periode, FX Sumardi mendapat apresiasi dari DPD KNPI Kaltim yang disampaikan Ketua OKK, Arif Rahman Hakim. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Kepada ketua dan pengurus yang baru dilantik, diminta tetap merangkul semua kepentingan pemuda di Kubar. “Saya mengimbau agar tetap mendukung semua program pemerintah (Pemkab Kubar), dan terus merangkul semua pihak,” ujar Arif Rahman Hakim.
Seraya mengucapkan selamat kepada semua pengurus yang baru saja dilantik, Bupati Kubar berharap mereka dapat memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan. Untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Juga agar para pengurus merapatkan barisan untuk kemajuan organisasi. “Karena pemuda adalah ujung tombak pembangunan. Saya berharap, KNPI tetap bersatu dalam kebersamaan,” ucap FX Yapan.
Yapan meminta, pengurus yang baru dilantik dapat meningkatkan visi dan misi terbaik. Guna menjadikan organisasi KNPI lebih maju ke depan. “Dan mengajak KNPI untuk mau bersama menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Kabupaten Kutai Barat,” pungkasnya.
Pelantikan itu juga dihadiri Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur, Anggota DPRD Kubar (Yansel, Rita Asmara Dewi dan Mahyudin), dan Ketua KONI Kubar Stepanus. Hadir pula Majelis Pemuda Indonesia DPD KNPI Kubar, perwakilan Polres Kubar, Kodim 0912/KBR, Kejaksaan Negeri Kubar, beserta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar.
Momen itu juga dibacakan Deklarasi Pemuda, Lampiran Naskah Surat Keputusan tentang Pengesahan Pengurus DPD KNPI Kabupaten Kutai Barat periode 2019-2022. Juga penyerahan Bendera KNPI. Dilanjutkan penandatanganan Nota Kesepahaman DPD KNPI Kaltim dan Pemkab Kubar, terkait Program Budi Daya Pertanian. Terakhir, sesi Bedah Buku dan Rapat Kerja Daerah DPD KNPI Kubar. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here