Hits: 1

Kalahkan Tim ‘Satu Kota’ dan Sabet Rp 40 Juta

Angel Ebus (88) penyerang PS Aulia Mandiri Jaya B yang berkebangsaan Nigeria, pernah bermain untuk PS Madura United saat berkompetisi di Liga 2 Liga Indonesia. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BONGAN – KABARKUBAR.COM
Tidak sia-sia PS Aulia Mandiri Jaya B menggunakan jasa Angel Ebus di Jambuk Makmur Open Turnamen 2018. Penyerang bernomor punggung 88 yang berkebangsaan Nigeria itu, berhasil membawa timnya menjuarai kompetisi dengan menumbangkan PS AMJ A. Dengan skor 2-1 di final yang dilangsungkan Minggu 25/2/2018 sore tadi, AMJ B menggondol Rp 40 juta.

Meski tidak mencetak satupun gol di final melawan tim ‘sekota’nya AMJ A, Angel yang pernah bermain untuk Madura United saat berlaga di Liga 2, memiliki andil besar. Kecepatannya menggiring bola, dan kelincahannya mencari posisi di kotak pinalti lawan, membuat permainan timnya lebih menarik. Umpan-umpan dari sisi sayap, membuat kiper AMJ A, Faskal (1), harus pontang panting mengamankan gawangnya.

Begitu Kick Off babak pertama, kedua kesebelasan langsung tampil saling menyerang. Namun baru tujuh menit berjalan, AMJ B langsung memimpin skor dengan tendangan bebas Taufik (7) yang langsung membobol gawang AMJ A. Tendangan dari jarak 20 meter dari kiri gawang itu ditujukan untuk duo penyerang, yakni Angel dan Mulyanto Gobok (23) di kotak pinalti. Bola memantul tanah dan melewati kepala Faskal.

Kiper PS AMJ A, Faskal (1), harus berjuang keras mempertahankan gawangnya dari serangan beruntun trio penyerang PS AMJ B, Angel Ebus, Sefliansyah dan Mulyanto Gobok. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Tujuh menit kemudian, giliran Sefliansyah (10) yang membobol gawang Faskal. Berawal dari umpan lambung Mulyanto dari lapangan tengah ke kotak pinalti. Meski dikawal bek AMJ A, Andi (2), Sefliansyah sempat menyontek lemah bola. Sodoran lemah itu tidak mampu diantisipasi kiper AMJ A dan bola pun bersarang di gawang Faskal.

Gol kembali diciptakan AMJ B lewat tendangan keras Mulyanto dari luar kotak pinalti di menit ke 18. Bola yang memantul di bagian atas mistar gawang langsung disambut Sefliansyah. Namun gol tersebut dianulir Wasit Afles dari Tenggarong. Karena Sefliansyah dinyatakan dalam posisi offside.

Di babak pertama ini, tampak AMJ B mendominasi penguasaan bola. Penampilan Taufik yang bermain di sayap kiri AMJ B, memesona ribuan penonton yang memadati Lapangan Sepakbola Ambaw Salim Kampung Jambuk Makmur Kecamatan Bongan itu.

Gelandang PS AMJ A, Fadlan (9), harus berjibaku menghadang gempuran Habibie Dillah (4) dan Indra Permana (3) yang ikut membantu serangan PS AMJ B.  SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Menit ke 23, pergantian pemain dilakuan AMJ B. Dengan memasukkan Muchlis (11) menggantikan Sefliansyah. Dua menit berselang, giliran AMJ A menarik keluar Dani (88) untuk digantikan Fadli (17).

Masuknya Muchlis menambah daya gedor AMJ B. Terbukti di menit ke 30, sodoran Taufik dari sayap kiri ke kotak pinalti AMJ A berhasil diteruskan Muchlis. Sayangnya masih salah penempatan bola, dan melenceng di kiri gawang Faskal.

Mulyanto pun memberi tekanan di menit 33. Berawal ia menggiring bola hingga memasuki kotak pinalti AMJ A, sepakan Mulyanto masih bisa ditahan Faskal dan bola melewati mistar gawang bagian atas.

Gol balasan AMJ A akhirnya tercipta di menit ke 36. Dari upaya keras gelandang bertubuh mungil, Jerry (14), berebut bola dengan pemain belakang AMJ B, Sudirman (2). Bola umpan dari lapangan tengah itu pun berhasil merobek jala gawang yang dijaga ketat Ramadani (20).

Pelatih PS AMJ B, Thamrin, memberi arahan kepada anak asuhnya yang kebanyakan pernah bermain di tim-tim populer di sejumlah daerah seperti Madura, Tangerang, Samarinda, Tenggarong, dan Loa Kulu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Menit terakhir babak pertama yang dimainkan selama 40 menit, AMJ A mendapatkan peluang dari umpan Ardi (11) dari kanan gawang AMJ B. Bola disambut Andi dan langsung menyepak ke arah gawang dijaga Ramadani. Bola yang melambung dan melewati kiper, sempat dikejar dan diamankan.

Memasuki babak kedua, AMJ B langsung mengganti kipernya dari Ramadani kepada Hendra Susilo (1). Angel yang di babak pertama mendapat banyak peluang, langsung merangsek di menit awal. Namun kiper tidak kalah sigap. Peluang di menit 57 datang dari Habibie dari tendangan sudut. Sayang bola masih melambung karena dikawal ketat bek AMJ A.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Kutai Barat, Ekti Imanuel, Manager PS AMJ B H Jimmy Aulia dan Ketua Panitia Jambuk Makmur Open Turnamen 2018 Yandi Saidi, ikut merayakan kemenangan PS Aulia Mandiri Jaya B. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Tekanan yang di babak pertama tidak dirasakan AMJ B, mulai muncul di babak kedua ini. Namun permainan apik Ambo Dalle (18) yang menjadi palang pintu di lini belakang AMJ B, membuat serangan AMJ A banyak kandas. Ambo Dalle yang sepekan lalu baru saja mengantarkan PS PMK menjuarai Turnamen MS CUP di Mencimai, Kecamatan Barong Tongkok, kembali menampilkan permainan cantik.

Menit 61 AMJ B memasukkan pemain gaek, Teddy (9), untuk menambah serangan. Delapan menit kemudian, juga memasukkan Samsudin (13) menggantikan pemain belakang AMJ B, Sudirman. Menit 72, Kapten AMJ B harus ditarik keluar setelah mengalami cedera engkel akibat salah tumpuan.

Peluang kembali tercipta di menit 76 untuk AMJ B. Sayangnya sundulan Teddy dapat ditangkap Faskal. Hingga peluit tanda waktu pertandingan telah habis, tidak ada lagi gol tambahan. Atas prestasi tim yang diasuh H Jimmy Aulia ini, berhak mendapat Piala Bergilir, Piala Tetap dan Hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp 40 juta. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here