Hits: 48

Kerja Sama Pemagangan, Pelatihan, PKL dan Guru Bantu

PT Thiess Indonesia memberikan bantuan berupa Genset Engine kepada SMK Negeri 3 Sendawar. ARSIP SMKN 3 SENDAWAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kehadiran sejumlah perusahaan pertambangan batubara di Kabupaten Kutai Barat membawa nilai tambah bagi SMK Negeri 3 Sendawar. Sebab salah satu dari tiga jurusan yang ada, sangat terbantu. Yakni Teknik Alat Berat, yang berkaitan dengan operasional perusahaan pertambangan.

“Peminatnya banyak, jurusan alat berat kami tambah satu kelas. Jadi sekarang ada dua kelas. Ini jurusan andalan,” ungkap Kepala SMKN 3 Sendawar, Hj Hayani pada Rabu, 16 Juni 2021 di ruang kerjanya yang berlokasi di Jalan Pelajar RT 9 Kampung Ngenyan Asa, Kecamatan Barong Tongkok.

Ia menjelaskan, awalnya jurusan alat berat terbatas. Akhirnya peminat jurusan ini berlebih dari kuota maksimal 36 siswa perkelas. Kemudian dibuka jurusan Teknik Kendaraan Ringan atau TKR pada tahun 2018. Sebab, lulusannya bisa bekerja di bengkel mobil yang banyak terdapat di Kubar.

“Peminat mulai banyak, dan ada guru masuk dari jurusan itu. Awalnya tidak semua anak senang mesin alat berat,” kata wanita yang menjadi pemimpin ke enam di sekolah itu sejak tahun 2014 dengan tujuh guru berstatus PNS dan 11 tenaga honorer.

Hayani mengatakan, sebelum ia masuk di SMKN 3 Sendawar, Dinas Pendidikan Kubar telah menjalin kerja sama dengan PT United Tractors atau UT. Yang beroperasi di PT Gunungbayan Pratamacoal, dan berkantor di Kampung Muara Tae, Kecamatan Jempang.

Kerja sama yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) itu pun tampak tidak berjalan lain. Sehingga dibuat MoU baru dengan UT yang beroperasi untuk PT Bharinto Ekatama dengan kantor di Kampung Jengan Danum Kecamatan Damai.

Termasuk dengan PT Ricobana Abadi yang telah memberangkatkan alumni SMKN 3 Sendawar ke Kota Malang, Jawa Timur, untuk program pelatihan dan pemagangan. Juni 2021 ini sebanyak lima orang, dan pada November 2018 ada empat orang.

Kepala SMK Negeri 3 Sendawar, Hj Hayani. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Hal sama juga dilakukan dengan PT Thiess Indonesia yang beroperasi untuk PT Gunung Bara Utama dan PT Teguh Sinar Abadi. “Bentuknya apprentice (pemagangan) Thiess, PKL (praktek kerja lapangan), guru bantu dengan kurikulum. Juga untuk recruitment (penerimaan kerja),” ujarnya.

Wanita asal Melak ini mengakui, puluhan perusahaan dan bengkel telah bekerjasama dengan SMKN 3 Sendawar. Sehingga setiap tahunnya, siswa sekolah mudah mendapatkan lokasi PKL yang sekarang disebut Pendidikan Sistem Ganda.

“Anak kami sudah ada yang magang di Astra Samarinda. Kami sudah MoU juga dengan PT BISM,” kata Hayani, seraya meminta membuka situs di alamat http://peta.ditpsmk.net/ yang memuat informasi terkait.

“Saya terus mencari terobosan, sudah upaya ke GBU (PT Gunung Bara Utama), tapi dia tahun ini tidak PKL karena covid. Jika ada lowongan kerja di perusahaan, biasanya disebar ke sekolah ini. Tidak hanya dari pertambangan, tapi juga perkebunan sawit,” pungkasnya.

Kepala SMKN 3 Sendawar, Hj Hayani menerima bantuan alat praktik berupa Simulator Perbaikan AC dari Dominico Savio Sandi Sarkoro selaku CSR Departement Head PT Pamapersada Nusantara pada Kamis, 4 Februari 2021 yang disaksikan Kepala Cabang Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah IV Kalimantan Timur, Muhammad Ruslie. ARSIP SMKN 3 SENDAWAR/KABARKUBAR.COM

Diakui Sabinus selaku Corporate Social Responsibility Officer PT Pamapersada Nusantara Site Melak, perusahaan mereka telah bekerjasama dengan SMKN 3 Sendawar. Bantuan berupa alat-alat yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar juga telah diberikan. “Ada sebatas kerja samanya di program PKL dan lainnya,” jelasnya kepada KabarKubar.

Menurut Operator Data Pokok Pendidikan SMKN 3 Sendawar, Eliya Agustina Mastur, sekolah ini memiliki 361 murid. Sebarannya, 100 jurusan TKR, 198 jurusan TAB dan 63 jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan atau DPIB.

Yang terbagi dalam 12 rombongan belajar. Yakni, TAB masing-masing tingkatan ada dua kelas, serta TKR dan DPIB dengan masing-masing 1 kelas. Sekolah dengan Nomor Induk Sekolah 30406232 ini, saat ini terdapat 12 guru berstatus PNS dan honorer sebanyak 26 orang.

Sekolah yang memiliki areal seluas 3 hektare ini telah mengantongi akreditasi B pada tahun 2018. Surat Keputusan Pendirian Nomor 425.11/K.729/2009 tertanggal 7 September 2009, dengan SK Izin Operasional Nomor 425.11/5794/UM-PMP/DP-II/X/2015 tertanggal 19 Oktober 2015. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here