Hits: 0

Satukan Bantuan Melalui Kodim 0912/KBR

Ketua KNPI Kecamatan Barong Tongkok, Leo, menggunakan Toa untuk mengundang warga menunjukkan rasa empatinya dan memberikan donasi bagi korban bencana alam di Palu dan Donggala. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Masyarakat Kabupaten Kutai Barat terus menunjukkan rasa empati dan belasungkawa mendalam kepada para korban bencana alam di Provinsi Sulawesi Tengah. Gempa bumi dan Tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala itu juga menjadi duka bagi warga Kubar. Termasuk bagi Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia dan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan di Kubar.



Kedua organisasi ini mengambil inisiatif untuk menggalang dana bagi para saudara-saudari yang terkena musibah bencana alam tersebut. “Hari ini kita menyerahkan dana dan sejumlah barang yang berhasil dikumpulkan kepada Posko Utama di Kubar,” ujar Leo, Ketua KNPI Kecamatan Barong Tongkok, usai menyerahkan donasi di Markas Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat, Kamis 4/10/2018.

Leo menjelaskan, selain uang senilai Rp18.129.000, mereka juga menyerahkan barang kebutuhan berupa sembilan bahan pokok. Termasuk di dalamnya, air mineral sebanyak 10 dos, mie instan 25 dos dan pakaian layak pakai. “Ini yang kami digalang dari masyarakat dengan naik rumah turun rumah bersama KKSS. Kami menggunakan sistem door to door, dan sepanjang jalan menggunakan TOA untuk mengimbau warga KKSS membantu saudara kita di Palu dan Donggala,” katanya.

Saat penyerahan donasi yang diterima secara simbolis Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi, Leo didampingi Anis Rivaldi selaku Pengurus DPD KNPI Kubar. “Penggalangan bantuan kemungkinan masih berlanjut, dan seperti apa mekanismenya nanti, kami bahas dulu. Apakah ke donatur, perusahaan-perusahaan atau bagaimana. Hari ini kita serahkan dulu ke Kodim,” pungkas Leo.

Donasi yang dikumpulkan KNPI dan KKSS Kubar, diserahkan kepada Kodim 0912/KBR yang menjadi Posko Utama Peduli Korban Bencana Alam Palu dan Donggala. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Menurut H Mansyur, salah seorang Tokoh KKSS Kubar, pengumpulan donasi kali ini memang dikhususkan dari warga KKSS. Selain sebagai saudara se-Bangsa dan Tanah Air, warga Palu dan Donggala memiliki ikatan emosional dengan warga KKSS. “Bukan karena di Palu dan Donggala juga banyak warga KKSS, tapi ini memang kepedulian kita sebagai sesama manusia,” katanya.



Dengan banyaknya warga KKSS di Kubar, ia berharap akan lebih banyak donasi dikumpulkan nantinya. “Sedikit banyak yang kita kumpulkan, semoga dapat membantu saudara-saudari kita di Palu dan Donggala,” jelas H Mansyur, seraya menegaskan kesepakatan KNPI dan KKSS Kubar untuk menyerahkan donasi dikumpulkan ke Kodim, agar disalurkan bersama ke daerah bencana. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here