Hits: 0

Jauhkan Remaja Dari Kegiatan Negatif

Ketua Taman Baca Takaq Sentawar, Amelia Hamidi, menyerahkan sejumlah buku untuk Perpustakaan SMA Negeri 1 Sendawar, Jumat 27/10/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Guna meningkatkan minat baca para remaja, 4 komunitas yang tergabung dalam Tim Literasi Kutai Barat, mengunjungi sekolah-sekolah. Tim yang diisi Slankers Kubar, Earth Hour Indonesia Kubar, Gelaran Baca Sicikal, dan Taman Baca Masyarakat Takaq Sentawar, mendorong remaja untuk lebih banyak membaca.

Jumat 27/10/2017 pagi tadi, Tim Literasi mengunjungi SMA Negeri 1 Sendawar di Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak. Dengan tema ‘Anjat Beraksi’, mengadakan pertemuan dengan para pelajar di Aula Sekolah. Sejumlah pertunjukan seni ditampilkan para pelajar dan Slankers Kubar.

Antara lain, Akustik, Shuffle Dance, Tari Datun (The Dayak’s Nice), Stand Up Comedy, Puisi, Cerpen, dan Tari Gantar oleh Pesona Tari Smansa. Dilakukan juga sosialisasi tentang Beli Yang Baik, Diskusi atau Sarasehan dan Aksi Menulis yang dibawakan Ketua EHI Kubar, Ramayana Rebang.

Tim yang diisi Slankers Kubar, Earth Hour Indonesia Kubar, Gelaran Baca Sicikal, dan Taman Baca Masyarakat Takaq Sentawar, mendorong remaja untuk lebih banyak membaca. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Apa yang kamu beli itu yang kamu butuh,” ujar Ramayana Rebang, kepada ratusan pelajar yang mengikuti acara di Aula SMAN 1 Sendawar. Dengan Motto ‘Ini Aksiku, Mana Aksimu’, generasi muda bisa menyalurkan bakat serta kemampuannya ke arah yang positif, dan memacu generasi untuk lebih berkarya.

Program di 2017 ini direncanakan berlanjut di tahun 2018, dan akan dilaksanakan tidak hanya di sekolah tapi juga dengan kunjungan ke perputakaan. Kegiatan ini didukung Kedai Abah, FIF, Honda, dan KabarKubar.

Ramayana  menjelaskan, program tersebut untuk memberi sesuatu hal bijak bagi masa depan remaja. Juga agar menjaga pola hidup dengan lingkungan sehat ,dan menghentikan pemicu pemanasan global, yaitu penebangan liar. “Dan dengan adanya kegiatan positif, bisa mengubah tingkah laku negatif ke arah yang positif,” tegasnya.

Sementara Ketua Slankers Kubar, Dian Norjit mengatakan, Tim Literasi Kubar telah berkunjung ke sejumlah sekolah. Yakni SMA dan SMK Surya Mandala, serta SMK Negeri 1 Tering. “Selanjutnya akan terus berlanjut, agar lebih mengiatkan kegiatan Literasi di Kubar,” jelasnya di acara yang dihadiri Ketua Gerakan Membaca Kubar, Amelia Hamidi.

Dian berharap nantinya masyarakat mempunyai minat baca, karena visi Indonesia 2019 adalah Indonesia Gemar Membaca. Dan bisa mendorong masyarakat kembali berminat membaca, agar selalu mendapat banyak pengetahuan dari membaca buku konvensional yang sekarang sangat banyak dilupakan.

“Daripada anak-anak bermain game dan media sosial tanpa tujuan yang jelas, lebih baik kita kembangkan kembali minat membaca generasi muda,” harapnya di acara yang menempatkan Mayca sebagai siswa terbaik dalam cara menulis kesimpulan berita.

“Kegiatan ini sangat menari minat kami, dan mengingatkan kembali masa kecil kami dengan membaca,” ucap Dayang Kumala Putri (17), Siswi Kelas X IPS. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here