Dukung Budidaya Ikan, Rosaliyen Bagikan 5.000 Ekor Bibit Patin dan Lele

331 views

Siapkan 120 ribu ekor untuk 240 penerima

Rosaliyen bersiap menaburkan bibit ikan di kolam seorang warga RT 3 Kampung Muhur, Kecamatan Silu1 Ngurai pada Jumat, 2 Juni 2023. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

SILUQ NGURAI – KABARKUBAR.COM

Sejumlah warga Kampung Muhur di Kecamatan Siluq Ngurai menerima bantuan berupa bibit ikan dari Rosaliyen. Pengusaha asal Kecamatan Bentian Besar itu membagikan 5.000 ekor bibit ikan patin dan nila kepada warga di RT 1, 2 dan 3 di kampung yang biasa disebut Belusuh itu.

Didampingi suami, Rosaliyen menyerahkan bibit ikan kepada warga langsung di rumah masing-masing penerima. Serta menabur atau melepaskan bibit ikan di kolam yang sudah disiapkan. “Setiap penerima kita kasih satu kantong isi sekitar 500 ekor bibit ikan,” ungkap Mus Mulyadi, yang dipercaya sebagai koordinator penyaluran bantuan tersebut pada Jumat, 2 Juni 2023.

Menurut Mus Mulyadi, 5.000 bibit ikan dibagikan kepada 10 penerima. Sebagian mereka sebelumnya telah membudidayakan ikan lele, nila dan puyuh. Ketika mendengar sosok Rosaliyen ingin membantu dengan pengadaan bibit ikan, mereka pun antusias.

“Kalau ada yang memberi uang Rp100 ribu sampai Rp300 ribu, bisa habis dalam sehari. Tapi kalau bibit ikan ini, setelah cukup umur untuk dipanen atau konsumsi, bisa berbulan-bulan baru habis,” katanya.

“Saya sangat berterimakasih. Kolam ini baru saya bikin setelah ada ibu Rosaliyen mau kasih bibit ikannya. Mudahan cepat besar, bisa dijual nanti,” kata Maya, warga RT 2 Kampung Muhur yang menerima 500 ekor bibit ikan patin.

Ditanya soal bantuan yang diberikan, Rosaliyen mengaku akan melakukan hal yang sama di lima kecamatan. Yakni Bentian Besar, Siluq Ngurai, Muara Lawa, Jempang dan Bongan. Diutamakan untuk mereka yang memang berminat dalam budidaya ikan.

Tidak hanya bibir ikan, Rosaliyen juga memberikan masing-masing pakan sebanyak 2 kilogram sebagai pakan awal. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Di rumah kami juga sudah budidaya ikan patin di kolam. Hasilnya lumayan, dalam sekitar tujuh bulan sudah besar-besar. Jadi saya suka bantu, apalagi soal ikan. Bisa mengurangi beban uang belanja ibu-ibu,” ujarnya.

“Kita rencanakan bagi 120 ribu ekor bibit ikan yang kira-kira bisa didapat 240 penerima,” katanya di sela menaburkan bibit ikan bersama suami, Tambos Situmeang yang juga Ketua Pimpinan Tingkat Kecamatan Partai Golkar Kecamatan Bentian Besar.

Pantauan KabarKubar, 10 penerima bantuan bibit ikan menyiapkan kolam pembudidayaan ikan dengan ukuran bervariasi. Terbesar berukuran 3 meter x 4 meter dengan kedalaman mencapai 3 meter. Ada yang hanya 1,5 meter x 2 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Tidak hanya bibit ikan, setiap penerima diberikan masing-masing 2 kilogram pakan untuk pakan awal. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar

comments