Hits: 2

Ulangi Sejarah di Pilkada 2015

Ketua DPC PKB Kabupaten Kutai Barat bersama para pengurus inti, menerima FX Yapan untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Kubar pada Senin, 23 Maret 2015. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Syachran Eric Lenyoq menyatakan sikap mendukung pasangan Bakal Calon Bupati Dan Wakil Bupati Kutai Barat, FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan). Dukungan bagi pasangan petahana yang maju kembali di Pikada Kubar tahun 2020 itu ditunjukkan dengan jelas. Salah satunya, berdiri di barisan depan saat Persiapan Pembentukan Tim Yakan di Pilkada 2020 pada Kamis, 13 Pebruari 2020 lalu.



Ditanya soal kemunculannya itu, Eric yang adalah Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Kabupaten Kutai Barat menegaskan tetap mendukung Yapan dan Arkan. Meski pihaknya telah memeroses dan membuat rekomendasi ke DPW di Samarinda dan DPP di Jakarta. “Terserah DPP saja. Kalau saya tetap ikut Yakan,” ujarnya saat ditemui di Sekretariat DPC PKB Kubar, Jalan Pattimura Nomor 12 RT 19 Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak.
Eric mengatakan, PKB menjadi partai politik yang lebih dulu bersiap diri sebagai pengusung dan pendukung bagi pasangan Yakan. Ia menggalang sejumlah parpol untuk mengusung pasangan politisi dan birokrat itu untuk maju di Pilkada Kubar tahun 2015 lalu. Kali ini, PKB menunjukkan lagi dukungan yang sama.
Sejarah perjuangan menuju Pilkada Kubar tidak dilupakan Eric. Sewaktu Yapan bersama sejumlah Anggota DPRD Kubar, khusus mendatanginya ke kediaman di Jakarta. Untuk meminta bantuan mengatur parpol untuk mengusungnya. “Karena PDI Perjuangan (waktu itu) dikabarkan mengusung John Tawi (Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kubar). Itu terjadi tepat lima tahun lalu, Selasa, 24 Pebruari 2015,” katanya.
Pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan saat mendaftar di Sekretariat DPC PKB Kubar pada Sabtu, 14 September 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Diakuinya, satu kursi yang dimiliki PKB di DPRD Kubar tidak begitu menarik bagi pasangan bakal calon. Ia pun menyadari, ada saja oknum di seputaran kandidat yang merasa tidak membutuhkan PKB atau pribadi Eric. “Sepertinya PKB tidak terlalu dihiraukan, mungkin (ada yang merasa) sudah berlebihan partainya. Tapi saya pribadi tetap komit dengan Pak Yapan,” tegasnya.
Terpisah, Ketua DPW PKB Provinsi Kalimantan Timur, Syafruddin mengaku belum mengetahui arah partainya di Pilkada Kubar. Soal siapa figur kandidat yang akan didukung partainya, ia pun tidak mau berkomentar. “Belum ada kejelasan di DPP PKB. Masih tunggu arahan nih,” ujarnya merespon pesan singkat yang dikirim KabarKubar.
Untuk diketahui, PKB meraih 4.341 suara pada Pemilu tahun 2019 di Kubar. Rinciannya, 879 suara di Daerah Pemilihan Kubar 1, 1.414 di Dapil Kubar 2 dan 2.048 di Dapil Kubar 3. Satu kursi DPRD Kubar yang didapat dari Dapil Kubar 3, diduduki oleh Syaparuddin. Hasil itu didasari Keputusan KPU Kubar Nomor: 83/HK.03.1-Kpt/PL.01.9/6407/KPU-Kab/VII/2019, Tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. PKB



Berdasarkan data yang dirilis KPU Kubar pada Senin, 5 Agustus 2019 dalam pertemuan di Gedung PKK Kabupaten Kubar, suara sah mencapai 88.625 suara. Yakni Dapil Kubar 1 sebanyak 24.425 suara, Dapil Kubar 2 ada 20.561 suara, dan Dapil Kubar 3 berjumlah 43.639 suara. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here