Bertekad Perkenalkan Adat Budaya Kubar hingga Mancanegara

Keceriaan dalam memeriahkan HUT RI ke-72 oleh para Bikers R15CI di Lamin Adat Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok, Minggu 27/8/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komunitas Bikers Yamaha R15CI Sendawar punya gawean khusus, Sabtu 26/8/2017 lusa kemarin. Sebab mereka menjadi tuan rumah untuk Kopi Darat Gabungan para Bikers R15CI dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Timur. Sekaligus menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.


Biker R15CI Sendawar mengundang 8 Klub Motor Yamaha R15CI dari berbagai daerah. Yaitu Samarinda 49 unit, Tenggarong 20 unit, Balikpapan 38 unit, Sanggata 28 unit, Muara Wahau 17 unit, Handil 15 unit, Batu Kajung 9 unit, dan terakhir Paser 8 unit. “Namun yang dapat hadir 30 Bikers pria dan 8 perempuan. Ini sebagai ajang sirahrurahmi seluruh Member Club R15 Regional Kaltim,” ujar Novi Aldy (29), Ketua R15CI Chapter Sendawar.

Diungkapkan Novi Aldy, Basecamp Bikers R15 Sendawar yang beranggotakan 20 Bikers, beralamat di Jalan Gajah Mada RT. 07 Barong Tongkok. Dan mempunyai Motto, Yamaha R15CI ‘Brothers Has No Limit’ (Persaudaraan Tanpa Batas). “Mari kita selalu solid sesama bikers, selalu menjaga sirahturahmi terutama dengan pihak kepolisisan yang mengawal dan mengawasi kegiatan Kopdargab di Sendawar,” pungkasnya.

“Kopdargab ini akan semakin mempererat tali persaudaraan kita semua dan membuat sadar pentingnya keselamatan berlalulintas dengan Safety Riding (keselamatan berkendara). Dan dapat membangun hal positif kepada masyarakat Kubar,” kata Ben, Gubernur R15CI Regoinal Kaltim dalam pertemuan di Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok itu.

“Saya mengapresiasi sikap klub motor ini, karena tidak melanggar lalu lintas dan bertanggung jawab. Makanya kami pihak kepolisisan siap membantu mengawal dan mengawasi,” kata Bripka Umar Subakri, mewakili Satuan Lalu Lintas Polres Kutai Barat. Ia bersama 4 anggotanya, yaitu Bripda Tri Heri, Bripda Angges, Bribda Jamal dan Bripda Kholik, turut merencanakan Kopdargab itu.

Usai bersilaturahmi sesama Bikers R15CI, Kopdargab yang disponsori Percetakan Warna Warni dan Warung Dian Jalur Dua mengadakan 3 perlombaan. Lomba dalam rangka merayakan HUT RI ke-72 itu, adalah Lomba Makan Kerupuk, Estafet Kelereng dan Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol yang digelar Minggu 27/8/2017 pagi.

Lomba Makan Kerupuk dimenangkan Wahyu (23) dari R15CI Balipapan, Juara 2 diraih Sigit (22) R15CI Paser, dan Dedam (23) R15CI Samarinda sebagai Juara 3. Pemenenag Lomba Estafet Kelereng, Juaranya adalah Dante (25) R15CI Sangata, tempat kedua Lani (26) R15CI Handil, dan Juara 3 diraih Tika (29) R15CI Sangata. Lomba Masukan Paku dimenangkan Wahyu (23) R15CI Balipapan, Juara 2 oleh Calvin (25) R15CI Handil, dan Juara 3 oleh Sigit (22) R15CI Paser.

Dikatakan Novi Aldy, Bikers R15CI Sendawar pada tahun ini melaksanakan sejumlah kegiatan positif kepada masyarakat. Antara lain, Bakti Sosial kepada korban banjir di Kampung Lambing dan Muara Lawa di Kecamatan Muara Lawa. Kemudian membagikan Takjil di Bulan Ramadan, Aksi Bersih-bersih di objek wisata Kubar, seperti Air Terjuan atau Jantur Inar.

Rencananya, Bikers R15 Sendawar akan mengikuti Earth Hour atau Pemadaman Listrik 1 Jam, Deklarasi Bikers, bersosialisasi ke sekolah-sekolah untuk membagikan 1.000 buku. Tahun 2018, Bikers akan melakukan Kampanye Safety Riding ke sekolah-sekolah dan pengendara lain, guna mengurangi jumlah kecelakaan.

“Kami harap komunitas motor yang dibentuk ini bukan sekedar tempat berkumpul dan sharing tentang motor, tapi juga akan menambah kegiatan sosial budaya. Serta memperkenalkan Ssendawar di daerah lain, bahkan negara luar,” ucap Novi Aldy.

“Jaga keamanan dan ketertiban saat berkendara, juga bersosialisasi dengan masyarakat, melengkapi dan mentaati peraturan kendaraan yang tertulis di undang-undang, dan tetap menjaga tali persaudaraan sesama Bikers,” imbuh Pembina Club Bikers R15CI Sendawar, Umar MS.

“Seluruh anggota klub motor, janganlah menyalahgunakan komunitas klub motor. Apalagi menjurus tindak kejahatan, seperti yang kita tonton di televisi,” ujar Raspiadi (25), warga Kecamatan Melak yang sedang menyaksikan acara itu.

Penulis: Lilis Sari
Editor: Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here