PDIP Kubar Sudah Sorong Calon Wakil

SAMARINDA – Kabupaten Mahakam Ulu menjadi primadona bagi banyak tokoh. Sejumlah nama mulai bermunculan untuk mencoba peruntungan di pesta demokrasi pertama kawasan hulu sungai Mahakam itu. Seperti di daerah lain se-Indonesia, Mahulu akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada Desember 2015 nanti. Pertama kalinya rakyat di sana akan memilih Bupati dan Wakil Bupati definitif.

Salah satu nama yang dikabarkan akan maju sebagai Bakal Calon Bupati Mahulu adalah Gabriel Oktavianus. Pria yang menjabat Asisten III Sekretariat Kabupaten Kutai Barat ini disebut-sebut akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. “Belum ada keputusannya, tapi hari Minggu ini saya diundang kembali rapat dengan PDIP di Balikpapan,” kata pria yang akrab disapa Gebi ini, di Hotel Grand Victoria Samarinda, Rabu (20/5/2015).

Gabriel mengungkapkan, telah mengikuti proses penjaringan balon bupati di PDIP dua pekan lalu. Ia juga menyebut sejumlah nama yang sama-sama dipanggil PDIP untuk wawancara di DPD PDIP Kaltim. Termasuk Juan Jenau yang mendapat kepercayaan sebagai Ketua DPC PDIP Mahulu dan saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Mahulu. “Ibu Veridiana Wang (Ketua Fraksi PDIP DPRD Kaltim) yang tidak hadir saat itu,” ujarnya.

Hanya meraih dua kursi di DPRD Mahulu, Gabriel masih harus mencari dua kursi lainnya. Soal itu diakui Gabriel sedang diupayakan. Namun ia menyebut Partai Nasional Demokrat yang memiliki satu kursi di DPRD Mahulu telah siap. Satu lagi adalah Partai Golkar yang juga punya satu kursi. Menurut dia, ada sinyal baik dari kedua parpol tersebut. Selain karena kedekatan kekerabatan dengan masing-masing ketua parpol tersebut di Mahulu, ia telah mengikuti mekanisme kedua parpol itu. Jika dualisme di DPP Golkar mengganjal parpol tersebut berpartisipasi di Pilkada Mahulu, ada kursi pengganti.

“Ada lima kursi sudah siap, tapi saya berharap Golkar bisa ikut di Pilkada. Kemungkinan PPP dan PBB juga mendukung saya,” katanya seraya menceritakan proses yang telah diikutinya dari masing-masing parpol. Hanya saja, ia meminta hal itu tidak dipublikasikan dulu atau off the record.

Jika dapat bertarung di Pilkada daerah otonomi baru yang gigih diperjuangkan sejak 2007 hingga 2012 ini, Gabriel optimis berhasil. Putera Kecamatan Long Hubung ini mengaku memiliki cukup banyak kerabat di Mahulu. “Istri saya dari suku Dayak Aoheng di Long Apari, jadi cukup bisa mendulang suara nantinya,” katanya.

Ketua DPC Nasdem Mahulu, Martinus Miing, menegaskan sedang menunggu rekomendasi dari DPP Nasdem. Hingga saat ini dia mengakui belum condong ke nama siapapun. “Saya ikuti keputusan DPP Nasdem yang akan segera terbit. Nasdem belum kemana-mana (mendukung salah satu nama),” katanya melalui sambungan telepon.

Kabar beredar, Gabriel akan dimajukan PDIP untuk menjadi Balon Bupati Mahulu. Sebagai pendampingnya, adik ipar Ketua PDIP Kubar Ismael Thomas disebut-sebut menguat. Martinus yang kini menjadi Anggota DPRD Kaltim dari PDIP, dikabarkan telah melakukan sosialisasi di Mahulu beberapa waktu ini. “Ah, wartawan tahu saja. Kita lihat nantilah ya,” kata Gabriel menanggapinya.    #Hendri Philip

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here