Hits: 1

O2SN Kubar Gelar 3 Cabang Olahraga

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Karateka yang tergabung dalam Institut Karate-Do Indonesia atau Inkai, akan bertarung dalam Kejuaraan Karate Antar Ranting Inkai Kabupaten Kutai Barat bertajuk Desnan Cup X. Sebanyak 171 karateka akan berlaga di Tribun Alun-alun Itho, Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, mulai hari ini hingga 21 April 2018 nanti. Kejuaraan dikhususkan bagi pelajar SD, SMP dan Madrasah Tsanawiyah.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kubar, Datu Dominikus, ada tiga cabang olahraga dipertandingkan. Dalam rangka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau O2SN tahun 2018. Selain Karate dengan 171 peserta, ada Atletik yang diikuti 20 peserta dari SMP dan MTs, dan Bulu Tangkis dengan 30 peserta.

Selain di Alun-alun Itho, kejuaraan juga dilaksanakan di di Gedung PBSI Melak. “Jadi jumlah  keseluruhan 221 peserta tingkat SD/MI dan SMP/MTS,” ujarnya saat Pembukaan Kejuaraan Karateka Antar Ranting Inkai Desnan Cup X, Jumat 6/4/2018.

Datu Dominikus menjelaskan, tujuan digelar kejuaraan adalah kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga. Meningkatkan kesehatan jasmani, melatih sportifitas dan tanggung jawab, serta mengembangkan bakat. “Juga meningkatkan persatuan serta kesatuan antara siswa seluruh indonesia,” ujarnya.

Kejuaraan Karate Antar Ranting Desnan Cup X diikuti 171 Karateka dari seluruh Kabupaten Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dikatakan Bupati Kubar FX Yapan, kejuaraan bertema ‘Semangat Berprestasi Untuk Hari Esok Lebih Baik Dari Pada Hari Ini’ itu bukan hanya untuk kesehatan. Tapi juga sebagai semangat untuk mampu membangun seluruh potensi. Agar berkembang secara maksimal dan bermanfaat untuk diri sendiri.

“Ini merupakan momentum untuk dapat berprestasi dan mendapatkan pengalaman yang baik. Patuhi dan hargai aturan, agarmengilhami nilai-nilai kreatifitas,” ujarnya melalui sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar, Silvanus Ngampun.

Desnan Cup yang sudah 10 kali digelar, diharap menumbuhkembangkan kreatifitas para peserta atau olahragawan. Dan meningkatkan kecintaan generasi muda kepada olahraga, serta lebih fokus pada kegiatan positif tanpa harus terganggu dengan hal negatif. Bisa menunjukkan hal terbaik dengan menjujunjung tinggi asas kretifitas. Yang bisa mendidik pribadi sumber daya manusia berkualitas dan dapat terlibat pada pembangunan Kubar. Guna menyongsong Kubar lebih baik dari pada hari ini.

Melalui Olimpiade O2SN, pelajar diharap terbentuk prestasi akademi, olahraga dan budi pekerti luhur. Serta minat dan prestasi siswa meningkat dalam bidang olahraga, dengan  terpilihnya siswa yang mampu berprestasi pada lomba tingkat Nasional dan Internasional.

Sebelum pertandingan dimulai, dilakukan penyerahan Piala Bergilir dari Juara Umum Desnan Cup IX, yakni Ranting Ngenyan Asa, kepada Ketua Panitia Desnan Cup 10 Tahun 2018, Iyan Cristian. Acara ini juga dihadiri sejumlah Kepala Sekolah, baik SD hingga SMP dan sederajat. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here