Hits: 1

Deteksi Dini Perubahan Kondisi dan Segera Melapor ke Atasan

 

Komandan Kodim 0912/KBR, Letkol Infanteri Rudi Setiawan, menyerahkan Cinderamata kepada Komandan Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Andi Amin Latama, Selasa 24/10/2017 saat Upacara Alih Kodal Satgas Pamtas RI-Malaysia di Lapangan Sepakbola Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. HUMAS KODIM 0912/KUBAR Untuk KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Sejak Desember 2016, 450 Prajurit Satuan Tugas Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista telah bertugas sebagai Pasukan Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia. Selasa 24/10/2017 pagi ini, menyerahkan tugas kepada pasukan pengganti dari Yonif 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa. Serah terima tugas dipimpin Komandan Kodim 0912/Kubar, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan.

Selaku Komandan Komando Pelaksana Operasional Pamtas RI-Malaysia, Dandim menaruh harapan besar kepada seluruh prajurit Satgas Pamtas Yon 141/AYJP. “Saya beserta seluruh jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma berharap kalian dapat berhasil dalam penugasan. Dan senantiasa mendapat perlindungan dan bimbingan dari TUHAN Yang Maha Esa,” kata Letkol Rudi Setiawan dalam upacara Alih Komando dan Pengendalian Satgas Pamtas RI-Malaysia, di Lapangan Sepakbola Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu.

Pasukan yang berada di bawah Komando Daerah Militer II Sriwijaya itu, dipesan untuk selalu mencermati setiap perubahan situasi. Dengan mengedepankan deteksi dini dan cegah dini,  serta secepatnya melapor kepada atasan serta hirarki, sehingga dapat dicarikan solusi terbaik secara tepat.

“Segera beradaptasi dengan lingkungan tugas dan mampu melakukan komunikasi sosial yang efektif dengan masyarakat,” kata Dandim kepada pasukan di bawah pimpinan Letkol Infanteri Moh Aan Setiawan selaku Danyonif 141/AYJP.

 

Salam Komando antara Komandan Kodim 0912/Kubar, Komandan Yonif 403/Wirasada Pratista Mayor Infanteri Andi Amin Latama dan Komandan Yonif 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa Letkol Infanteri Moh Aan Setiawan. HUMAS KODIM 0912/KUBAR Untuk KABARKUBAR.COM

Letkol Rudi Setiawan yang pernah menjabat Komandan Yonif 614/Raja Pandhita di Kabupaten Malinau, mengingatkan persoalan perbatasan antar negara cukup sensitif. Dan hingga kini masih merupakan suatu permasalahan yang cukup kompleks. Yakni, menyangkut kedaulatan, integritas maupun martabat masing-masing negara.

Kawasan perbatasan juga memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi, seperti penyelundupan. Termasuk soal narkoba dan sejumlah kegiatan ilegal. Antara lain, logging (pembalakan kayu), mining (pertambangan), dan human trafficking (perdagangan manusia). “Juga soal pelintas batas secara ilegal. Hal ini agar menjadi perhatian seluruh prajurit selama melaksanakan tugas Pamtas,” tegasnya.


Letkol Rudi Setiawan juga berpesan khusus bagi Pajurit Yonif 403/WP yang akan kembali ke Markas di Jalan Kaliurang KM 6,5 Kentungan, Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta. Selama 9 bulan menghadapi beragam tantangan saat bertugas, agar segera menyesuaikan diri dengan satuannya, guna bersiap menyongsong tugas yang akan datang.

Sebagai Prajurit TNI, Pasukan yang dipimpin Mayor Inf Andi Amin Latama itu dituntut senantiasa menyiapkan diri untuk siap digerakkan kembali dalam penugasan selanjutnya. Danyonif 403/WP diminta segera melakukan konsolidasi dan melaksanakan upaya peningkatan profesionalisme. Baik perorangan maupun satuan dengan terus mengembangkan budaya belajar dan berlatih.

“Setiap Prajurit harus mampu menjaga martabat dan kehormatan yang dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,” tegas Letkol Rudi Setiawan kepada Pasukan yang berada di bawah struktur komando Korem 072/Pamungkas, Kodam IV/Diponegoro.

Upacara Alih Kodal dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Ujoh Bilang, dihadiri Wakil Bupati Mahulu, Juan Jenau dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Mahulu. HUMAS KODIM 0912/KUBAR Untuk KABARKUBAR.COM

Bertindak sebagai Komandan Upacara Alih Kodal Satgas Pamtas RI-Malaysia pagi tadi, adalah Perwira Seksi Teritorial Yonif 403/WP, Kapten Infanteri Mustofa. Dengan Perwira Upacara, Kapten Inf Pujang Sutoyo yang juga Pasi Personel Kodim 0912/KBR.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Mahulu Juan Jenau, Yohanes Avun (Sekkab Mahulu), Tiopilus Hanyeq Ding (Wakil Ketua DPRD Mahulu), Kapten Inf Sartono (Pasi Ops Kodim 0912/KBR), Lettu Inf Rahman (Danramil 0912/03 Long Bagun) dan Iptu Kasiono (Kapolsek Long Bagun).

Tampak pula para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Mahulu, Camat Long Bagun Damianus Tamha dan sejumlah Tokoh Masyarakat. Juga peserta upacara yang terdiri dari 1 Kompi Pasukan Gabungan Yonif 403/WP dan Yonif 141/AYJP, 1 Pleton Polsek Long Bagun, 1 Pleton Satpol PP, 1 pleton OPD Pemkab Mahulu, 1 Pleton Laskar Merah Putih dan 2 Kompi Gabungan siswa SMP dan SMA Long Bagun. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here