Hits: 2

Besok Puncak Acara Diisi Tarian Kolosal dan Penyerahan Hadiah Beragam Lomba

Ritual adat Dayak Tunjung, Pejeaaq Kampukng di Luuq Melapeh dipimpin Duhen yang didatangkan dari Kampung Pepas Asa Kecamatan Barong Tongkok. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Empat elit Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kutai Barat mengikuti ritual adat Dayak Tunjung di Kampung Linggang Melapeh Lama, Sabtu 19/5/2018 sore tadi. Ritual yang ditujukan untuk memberkati seluruh masyarakat dan kawasan sekitar kampung itu diberi nama Pejeaaq Kampukng. Rumah Adat (Lamin) Luuq Melapeh menjadi pusat pelaksanaan ritual adat yang berjalan seminggu ini.

Ketua DPC PDIP Kubar, Ismail Thomas dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kubar, Jackson John Tawi, mengikuti ritual adat Pejeaaq Kampukng di Lamin Adat Kampung Linggang Melapeh Lama, Sabtu 19/5/2018.  SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sore tadi, ratusan warga Linggang Melapeh Lama ikut menyaksikan bagian dari Pejeaaq Kampukng yang dipimpin Duhen, Pemuka Adat yang didatangkan dari Kampung Pepas Asa Kecamatan Barong Tongkok. Tampak Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, Ismail Thomas dan Sekretaris DPC, Jackson John Tawi. Ada juga Yudi Hermawan selaku Bendahara DPC dan Wakil Ketua DPC Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Agitasi, Yovinus. Mereka ikut mendapat berkat dari para leluhur yang ‘diminta’ hadir dalam ritual Pejeat Boleq.

“Pejeaaq Kampukng ini kami laksanakan agar jauh dari marabahaya. Ini ritual yang dilaksanakan hari ini aja. Sedangkan puncak gelaran acara adat ini akan dilaksanakan besok (Minggu 20/5/2018),” ujar Yudi Hermawan, yang pernah menjabat Kepala Kampung atau Petinggi Linggang Melapeh Lama pada tahun 2004 sampai 2013.

Yudi mengundurkan diri sebagai Petinggi untuk maju di Pemilu Legislatif tahun 2014 lalu dan duduk di DPRD Kubar untuk periode 2014-2019. Ia menjelaskan, ritual Pejeaaq Kampukng rutin dilaksanakan setahun sekali sejak tahun 2008. “Sebelumnya belum pernah dilaksanakan, jadi saya mulai dan akhirnya terus dilakukan sampai tahun ini,” katanya.

Menurut Yupenalis Sahdan yang pernah menjabat Petinggi Linggang Melapeh Lama periode 1999-2004, besok menjadi puncak ritual Pejeaaq Kampukng. Sekaligus akan dilaksanakan penyerahan penghargaan pemenang beragam lomba yang diadakan dalam rangka kegiatan tahunan itu. Antara lain lomba voli, sepakbola, menyumpit, begasing, behempas dan lainnya.

Sebab usai acara yang dirangkai penampilan seni dan budaya setiap harinya, diikuti perlombaan atau pertandingan antar Rukun Tetangga. Kampung ini sendiri terdapat 1.911 jiwa dalam 578 kepala keluarga. ”Besok ada penampilan tarian kolosal dibawakan sekitar 50 penari. Sejak mulai acara ini juga ada pameran kerajinan di bawah lamin,” jelas Yupenalis Sahdan. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here