Hits: 0

Optimalkan Sarana dan Armada

0506_Petugas DKP Turun Langsung Membersihkan Sampah dan Parit (1)
TERJUN LANGSUNG : Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kutai Barat mengoptimalkan seluruh sumber daya guna mewujudkan Kota Sendawar yang bersih dan bisa meraih Piala Adipura tahun 2015 ini. M IMRAN/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Kutai Barat terus berupaya mengoptimalkan kinerjanya. Khususnya dalam peran mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan asri. Menyelaraskan dengan moto Kubar yang bersih asri, damai, adil dan tentram atau Beradat.

Menurut Kepala DKP Kubar, Junaidi, upaya menciptakan lingkungan Kota Sendawar yang bersih dilakukan dengan dengan mengoptimalkan beragam hal. Antara lain sarana dan armada kebersihan, tenaga kebersihan, serta sosialisasi ke masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “DKP Kubar mendukung kuat kebersihan lingkungan dari sampah serta menggalakkan penghijauan Kubar. Agar segera memperoleh penghargaan Adipura,” katanya.

Junaidi mengatakan, guna mewujudkan Kubar, utamanya Kota Sendawar yang bersih dan sehat, perlu dukungan semua pihak, serta sumber daya dan sarana. Tenaga kebersihan DKP Kubar memaksimalkan kerja nyata di lapangan termasuk sosialisasi melalui gotong royong. Juga mengimbau lewat media agar masyarakat berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Untuk menyukseskan gerakan kebersihan lingkungan, akan meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia tenaga kebersihan.

Dijelaskannya, telah diadakan Tempat Pembuangan Sampah di sejumlah titik dalam Kota Sendawar. Kemudian didukung Tempat Pembuangan Akhir induk Belau di Kampung Gesaliq, Kecamatan Barong Tongkok. Diakui Junaidi, Badan Lingkungan Hidup dan DKP menjadi ujung tombak menuju piala Adipura. “Tapi semua SKPD dan stakeholder harus berpartisipasi,” ujar mantan Camat Long Iram ini.

Terkait optimalisasi kebersihan itu, kata Junaidi, DKP Kubar turun langsung membenahi beberapa sarana, terutama parit-parit atau drainase yang kurang terawat. Juga seluruh jalan dalam Kota Sendawar dan lingkungan rumah penduduk di ibukota. “Tidak ketinggalan terminal, bandara, pelabuhan, rumah sakit, puskesmas, hutan kota serta lingkungan perkantoran Pemkab Kubar,” imbuhnya.    #M Imran

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here