Hits: 0

Ujian Umum Perdana Tahfidul Quran Tahun 2018

Pengasuh Pondok Pesantren SAS Sendawar, Ustadz Pono Abdul Kholiq, memberikan arahan sebelum dimulainya Ujian Terbuka Tahfidul Qur`an Tahun 2018, Selasa 29/5/2018 pagi tadi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

 BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sebanyak 23 santri di Pondok Pesantren SAS Sendawar mengikuti Ujian Terbuka Tahfidul Qur`an Tahun 2018, Selasa 29/5/2018 pagi tadi. Ujian 12 Santriwan dan 11 Santriwati itu dihadiri para orangtua maupun wali murid, sejumlah tokoh dan donatur Ponpes SAS Sendawar. Mereka diharapkan dapat menjadi Hafidz atau Penghafal Al Quran dalam 3 sampai 4 tahun ke depan.

“Kita berharap hal ini bisa berlanjut, serta kemampuan para anak didik semakin berkembang dan meningkat. Semoga kegiatan ini menularkan motivasi kepada ponpes lainnya untuk mengikuti tren (ujian terbuka) seperti ini,” ujar Pengasuh Ponpes SAS Sendawar, Ustadz Supono Abdul Kholiq, di lokasi ponpes, Jalan Sultan Hasanudin Nomor 545 Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok.

Ia menjelaskan, selama 10 bulan ini para santri telah menjalin kekeluargaan di Ponpes SAS Sendawar. Setelah menjalani Semester 1 dan 2, saatnya mengikuti ujian terbuka yang disaksikan langsung orangtua dan masyarakat umum. Tujuannya, untuk menciptakan generasi yang lebih baik.

“Selama 3/4 tahun sudah hafal Al Quran sampai 30 juz. Semoga dengan kemampuan ini tetap menjujung tinggi harkat martabat Kabupaten Kutai Barat,” kata Ustads Kholiq, pimpinan Yayasan Cinta Sholat, Al-Quran dan Sedekah.

Para Santriwati bersama para pengajar di Pondok Pesantren SAS Sendawar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dikatakan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Barong Tongkok, H Sedyo Wiryanto, kegiatan ini wujud tanggung jawab kepada santri. Ia sangat mendukung dan menginginkan ponpes lainnya dapat mengadakan kegiatan yang bisa diikuti dan memberikan dampak positif. “Untuk memotivasi seluruh anak yang belum menguasai atau belum membaca Al-Quran secara baik,” ujarnya.

Sedyo Wiryanto berharap anak-anak tersebut menjadi generasi yang baik untuk perkembangan Islam di Kubar. Dan bisa menjadi tokoh-tokoh agama di Kubar nantinya. “Semoga bisa menularkan ilmunya, dan menjadi teladan di tempatnya masing-masing,” katanya.

Hadir menyaksikan ujian terbuka, Anggota DPRD Kubar H Ellyson, para Sesepuh SAS Sendawar, Pimpinan Kantor Cabang BNI Sendawar dan Kepala Perwakilan TNI AU, Letnan Dua Pom Agus Aang Khunaifi. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here