Hits: 0

Kampanye Anti HIV dengan Bagikan dan Pasangkan Pita Merah

Kampanye Anti HIV/AIDS dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, melibatkan para pelajar SMK Kesehatan Budi Bukti Tering, Sabtu 1/12/2018.  YOHANES ANTONIUS MBULU/KABARKUBAR.COM

LINGGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Puluhan siswa dan siswi SMK Kesehatan Budi Bakti Tering adakan Kampanye Anti Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Kegiatan difokuskan digelar di Tugu Bundaran Linggang Bigung, simpang tiga Jalan Poros Tutung-Tering, Sabtu 1/12/2018 siang tadi. Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 1 Desember.

Tidak hanya pelajar, sejumlah Guru SMK Kesehatan Budi Bakti Tering juga ikut membawa spanduk dan membagikan pita merah kepada setiap pengendara yang lewat. Pita merah sebagai simbol perlawanan terhadap penyebaran HIV & AIDS. Tidak pelajar dan gurunya, sejumlah Anggota Pos Polisi Linggang Bigung Kepolisian Sektor Barong Tongkok juga ikut berpartisipasi sambil mengamankan lalu lintas selama kegiatan.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua Jurusan Keperawatan SMK Kesehatan Budi Bakti Tering, Claudi Hwa, mengaku Kampanye Anti HIV & AIDS merupakan agenda wajib sekolahnya. Yang kebetulan tahun ini difokuskan di Kecamatan Linggang Bigung. “Kami menilai, Kampanye Anti HIV & AIDS harus terus digalakkan. Mengingat dari tahun ke tahun angka penderita HIV/AIDS terus meningkat,” ujarnya.

Kepala Pos Polisi Linggang Bigung Kepolisian Sektor Barong Tongkok, Aipda Dwi Sulistiono, menyematkan pita merah sebagai simbol perlawanan atau Anti HIV/AIDS. YOHANES ANTONIUS MBULU/KABARKUBAR.COM

Ia melanjutkan, stigma negatif masyarakat terhadap penderita HIV/AIDS malah semakin mengurangi motivasi dan semangat para penderitanya untuk memperbaiki kualitas hidupnya. Ada kalanya, para penderita HIV/AIDS adalah korban. Sehingga masyarakat hendaknya mulai peduli dan memberi perhatian serta dukungan kepada para penderitanya. “Sesuai dengan tema kami, Jauhi Penyakitnya dan Jangan Orangnya,” ungkap Claudia Hwa.

“Kalau adik-adik ini tidak berkumpul dan bagi-bagi pita, saya malah tidak tahu kalau hari ini adalah Hari Anti AIDS Sedunia,” celetuk Rahmadi, salah satu pengendara sepeda motor yang lewat.

Kolaborasi Siswa dan Siswi SMK Kesehatan Budi Bakti Tering dengan Personel Pos Polisi Linggang Bigung Polsek Barong Tongkok, dalam mengampanyekan Hari Anti AIDS Sedunia yang dipusatkan di Tugu Bundaran Linggang Bigung. YOHANES ANTONIUS MBULU/KABARKUBAR.COM

Rahmadi mengatakan, ia pun baru tahu jika HIV tidak akan menular hanya dengan bersalaman atau mengobrol dengan penderitanya. “Saya sangat mendukung kegiatan dan aksi sosial seperti ini. Karena bisa menambah wawasan masyarakat terhadap persoalan-persoalan sosial dan kesehatan di masyarakat,” katanya.

Menurut Kepala Pos Polisi Linggang Bigung, Ajun Inspektur Dua Dwi Sulistiono, pihak kepolisian selalu mendukung segala kegiatan positif yang diprakarsai masyarakat. Baik itu dalam kelompok organisasi, maupun institusi pendidikan. Ia berharap, kegiatan serupa harus selalu disosialisasikan sehingga masyarakat semakin sadar akan bahaya HIV/AIDS.

“Saran dari kami, kedepannya kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di jalan saja. Namun juga di tempat-tempat yang tergolong beresiko, seperti tempat hiburan malam, karaoke, dan lainnya,” tuturnya. #Yohanes Antonius Mbulu

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here