Indonesia Bangsa Besar Beragam Kebudayaan Dan Hasil Alam Melimpah

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018. Upacara yang dipimpin Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh itu digelar di Lapangan Sepakbola Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Jumat 1/6/2018 pagi. Upacara yang diikuti sekitar 250 orang dari beragam latarbelakang itu, diharap menumbuhkan jiwa patriotisme demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Mahulu mengatakan, 1 Juni merupakan hari bersejarah bagi NKRI. Sebab menjadi hari lahirnya Pancasila yang merupakan Dasar Negara RI. Pancasila sebagai landasan hidup bangsa Indonesia. “Kita tetap bersatu sehingga sampai saat ini bisa menjadi negara yang besar dan disegani oleh negara lain,” ujarnya membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Ia menjelaskan, Indonesia diberikan keberagaman dan anugrah oleh TUHAN Yang Maha Esa. Sehingga negara kita terdiri dari beberapa suku dan ras. “Namun kita tetap satu, yang dilambangkan dalam Bhinneka Tunggal Ika,” katanya pada upacara dengan Komandan Upacara, Pelda Budi dan Serda Rahmanto selaku Perwira Upacara. Keduanya adalah Anggota Komando Rayon Militer 0912-03 Long Bagun..

Bonifasius menambahkan, Indonesia merupakan bangsa yang besar. Bangsa yang memiliki beragam kebudayaan dan hasil alam yang melimpah. Untuk itu, semua orang diajak untuk tetap mencintai NKRI. Sera memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dengan berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Dengan semangat Pancasila kita bersama-sama membangun Mahulu. Untuk lebih maju dan lebih sejahtera, dengan berpedoman pada norma-norma yang terkandung dalam Pancasila,” pungkasnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Mahulu Yohanes Juan Jenau dan Sekretaris Kabupaten Mahulu,  Yohanes Avun. Tampak juga Wakil Ketua DPRD Mahulu Tiopilus Hanyeq, Asisten I Setkab Mahulu Lilik Peng, Asisten II Chen Takhen, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Selain Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat, hadir pula Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri 141/AYJP, Komandan Koramil 0912-03 Long Bagun Kapten Infanteri Suli dan Kepala Kepolisian Sektor Long Bagun Iptu Kasiyono.

Peserta Upacara terdiri dari beragam barisan. Antara lain Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, TNI-Polri dan Pelajar SMP Negeri 1 Long Bagun. #Kelvin Nurdin

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here