Hits: 0

90 Personel Kodim 0912/KBR Gelar Upacara Bendera

Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan di Markas Kodim 0912/KBR juga disertai Pembacaan Pesan-pesan Para Pahlawan. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Sabtu 10 November 2018, para Prajurit TNI di Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat melaksanakan upacara bendera. Dalam amanat, Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi mengingatkan pentingnya jiwa kepahlawanan bagi setiap orang. Sehingga semangat perjuangan para Pahlawan yang gugur membela bangsa terus berkobar.



“Seluruh rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan. Serta mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara,” ujar Mayor Wahyudi, saat membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pengibar Bendera adalah Sersan Satu Paris, Kopral Satu Sugiono dan Kopral Satu Iswanto. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Selaku Inspektur Upacara, Mayor Wahyudi juga menegaskan tema Hari Pahlawan Tahun 2018 ini. Yakni “Semangat Pahlawan Di Dadaku” yang mengandung makna, sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Peringatan Hari Pahlawan ini, lanjut Mayor Wahyudi, juga menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan intropeksi diri. “Dalam mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan ini,” ujarnya dalam upacara yang dipimpin Perwira Seksi Teritorial Kapten Infanteri Sutrisno sebagai Komandan Upacara.

Pesan Para Pahlawan dibacakan Kapten Infanteri Sudarsono yang juga Komandan Koramil 0912-07 Muara Pahu. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Ditambahkannya, Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya. Terlebih dibutuhkan sosok pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin dan berkarakter.

Lewat momen peringatan Hari Pahlawan ini, Prajurit TNI diajak berbuat yang terbaik bagi bangsa. “Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama dan bangsa,” kata Mayor Wahyudi.

Letnan Satu Infanteri Haryadi yang juga Komandan Koramil 0912-04 Long Iram sebagai Perwira Upacara menyampaikan laporan kepada Inspektur Upacara, Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi.  ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Pada upacara bendera yang dilaksanakan di halaman depan Markas Kodim 0912/KBR, Jalan Gajahmada Kelurahan Barong Tongkok, diikuti 90 Prajurit TNI. Selain pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Teks Pancasila dan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945, ada juga pembacaan Pesan-Pesan Para Pahlawan.



Sebagai Perwira Upacara adalah Letnan Satu Infanteri Haryadi yang juga Komandan Koramil 0912-04 Long Iram. Sersan Dua Amin Tohari sebagai Pembaca UUD 1945, Pesan-Pesan Para Pahlawan dibacakan Kapten Infanteri Sudarsono yang juga Komandan Koramil 0912-07 Muara Pahu. Sedangkan Pengibar Bendera adalah Sersan Satu Paris, Kopral Satu Sugiono dan Kopral Satu Iswanto. #Andry Anhar

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here