Hits: 0

Masjid Yang Belum Dapat Akan Diberikan Tahun Depan

Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan, menyerahkan hewan kurban dari Pemkab Kubar di Masjid Agung Baiturrahim, Barong Tongkok, Selasa 29/8/2017, yang diterima Takmir Masjid, H Eddy Akhmadi. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah menyiapkan 50 ekor sapi untuk dikurbankan. Seluruh sapi itu akan disalurkan bagi umat Muslim di 16 kecamatan se-Kubar. Sebagai wujud kepedulian Pemkab Kubar kepada masyarakat, khususnya umat Islam yang akan merayakan Idul Adha.



“Sebanyak 49 sapi akan disalurkan ke Masjid dan Mushola, dan sisanya untuk warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan di Tenggarong, Kukar. Karena di sana juga ada warga Kubar,” kata Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan, saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban di Masjid Agung Baiturrahim, Kecamatan Barong Tongkok, Selasa 29/8/2017.

Pembagian hewan kurban itu, jelas Wabup, diatur merata 2 ekor sapi untuk tiap kecamatan, tergantung jumlah penduduk. Penyaluran kurban itu juga diharapkan menggugah atau membangkitkan kesadaran masyarakat untuk memiliki jiwa berkorban. Khususnya untuk kemakmuran masyarakat secara luas.

Wabup menambahkan, hewan kurban yang disalurkan pemkab telah melalui uji kesehatan oleh Dinas Pertanian Kubar. Masyarakat diminta tidak kuatir akan kualitas kesehatan sapi kurban itu. “Sapi kurban itu semuanya sehat, cukup umur, tidak cacat, dan memenuhi standar syariah Islam,” katanya.

Saat menyerahkan sapi kurban secara simbolis, dari Pemkab Kubar di Masjid Agung Baiturrahim, Barong Tongkok disaksikan juga para Pengurus Masjid lainnya. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Diakui Wabup, belum semua proposal permohonan bantuan sapi kurban dari masyarakat bisa dipenuhi. Tahun ini ada 90 proposal yang masuk ke Pemkab Kubar. Nantinya tetap akan diberikan, tapi secara bergiliran.

“Saya harap masyarakat bersabar jika belum mendapat bantuan. Kita seleksi, dan akan dibantu secara bergiliran. Kalau tahun ini sudah dapat, kemungkinan tahun depan tidak menerima lagi. Tetapi akan diutamakan disalurkan ke Masjid yang belum dapat tahun ini,” jelasnya.

“Kami berterimakasih atas kepedulian dan sumbangsih Pemkab Kubar terhadap Umat Islam di Kubar, termasuk kami di Barong Tongkok ini. Semoga kurban ini menjadi berkah bagi seluruh umat dan atas doa kita, kabupaten ini semakin maju untuk hari esok yang lebih baik dari hari ini,” ungkap H Eddy Akhmadi, Takmir Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok, yang juga Ketua Panitia Hari Besar Indonesia Kubar. #Reyber Benhouser Simorangkir



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here