Hits: 0

Positif Covid-19 Tinggal 13 Pasien

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan kesembuhan 4 pasien dan 4 dokter yang dinyatakan negatif Covid-19 dari hasil PCR kedua kalinya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengumumkan berita menggembirakan. Empat orang yang tadinya masuk kelompok 17 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dinyatakan telah sembuh. Kabar gembira lainnya, tujuh tenaga kesehatan dan sembilan masyarakat dipastikan negatif Covid-19. Empat di antaranya adalah dokter yang sehari-hari melayani kesehatan warga Kubar.

“Mereka tadinya memiliki kontak erat dengan para pasien terpapar Covid-19. Tapi berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR), empat orang yang dinyatakan sembuh,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kubar, Yacob Tullur pada Senin, 18 Mei 2020 malam.



Soal tenaga kesehatan dimaksud, Yacob Tullur menyebut empat dokter dipastikan telah menjalani tes PCR hingga dua kali. Mereka adalah dr Akbar yang juga Direktur Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar, dr Waluyo yang sehari-hari berpraktek di Klinik Permata Husada di Melak, dr Heri dan dr Wayan.

“Jangan ada lagi stigma negatif kepada para tenaga kesehatan kita ini,” pesannya dalam Siaran Pers Media Center Covid-19 Pemkab Kubar di rumah jabatan Bupati Kubar. Ia memberi keterangan dengan didampingi Lettu Lilik dari Kodim 0912/KBR dan Kompol Iswahyudi dari Polres Kubar. Sementara dari Pemkab Kubar ada Asisten II Ayonius, Kepala Dinas Kesehatan dr Ritawati Sinaga, dan Kepala Dinas Perhubungan Rakhmat.

 

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, saat meninjau kesiapan RS Pratama Linggang Bigung untuk menjadi tempat perawatan dan isolasi pasien terkonfrimasi positif Covid-19. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Yacob Tullur yang juga Sekretaris Kabupaten Kutai Barat mengaku kecewa atas kelalaian dan kurang patuhnya sebagian masyarakat. Akibatnya, para dokter terpapar Covid-19. Bersyukur hasil Swab Test kembali negatif dan para dokter akan kembali memperkuat tenaga medis Tim Gugus Tugas Covid-19 Kubar.

Ia mengajak seluruh warga Kubar berdoa untuk kesembuhan semua pasien positif Covid-19. Ia berharap tidak ada lagi tambahan kasus positif di Kubar. “Kita kasihan, tim medis yang bertugas di RS Pratama Linggang Bigung tidak bisa bertemu keluarganya. Karena sampai sekarang mereka mengisolasikan diri,” katanya.

“Jangan ada lagi warga yang kurang peduli dan tidak menjaga dirinya dengan baik. Kasihan para tenaga medis yang merawat pasien di RS Pratama. Hingga saat ini mereka tidak bisa pulang kerumah dan berkumpul dengan keluarganya,” imbuh Yacob Tullur.



Data terbaru, pasien terkonfirmasi Covid-19 saat ini masih 13 orang dari 18 pasien yang tadinya dinyatakan positif. Sementara Pasien Dalam Pengawasan ada 9 dan meninggal 1 orang, Orang Dalam Pemantauan sebanyak 219 orang, dan Orang Tanpa Gejala 198 orang. Yang Selesai Pemantauan 191 orang, Proses Pemantauan 28 orang, dan Pelaku Perjalanan tercatat mencapai  7.581 orang.

“Biar sudah dinyatakan sembuh, kita harus tetap menjaga jarak, pakai masker, jaga kesehatan dan stamina,” pungkas Yacob Tullur. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here