Hari ini beberapa orang jalani Rapid Test tahap kedua

Bupati Kubar FX Yapan, mengumumkan perkembangan penanganan Covid-19 pada Kamis, 16 April 2020 sekira pukul 20.00 Wita di Media Center Covid-19 Kubar. IMRAN YUSRAN/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengumumkan bahwa hasil pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan pasien. Hasil tes swab yang dilakukan di Surabaya, satu orang warga Kubar dinyatakan positif terinfeksi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Kubar, FX Yapan dalam Konferensi Pers di Media Center Covid-19 Kubar, Rumah Jabatan Bupati Kubar pada Kamis 16 April 2020 sekira pukul 20.00 Wita.

Bupati mengatakan, warga Kubar yang positif telah terjangkit Covid-19 tersebut akan tetap diisolasi atau karantina ketat di Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar. Sebab ruang isolasi yang disiapkan di HIS cukup memenuhi standar kesehatan.

Didampingi unsur Muspida Kubar dan pimpinan instansi terkait, Bupati Kubar menyatakan satu warga Kubar positif terinfeksi virus corona dari hasil tes swab di Surabaya. IMRAN YUSRAN/KABARKUBAR.COM

Dijelaskannya, Pemkab Kubar baru saja menerima hasil tes swab itu. Hari ini, Jumat 17 April 2020 akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lagi terhadap beberapa orang untuk Rapid Test tahap kedua. Hasil Rapid Test itu akan segera dikirim ke Surabaya untuk kemudian dilakukan Tes Swab.

“Semoga hasil Rapid Test yang akan dikirim ke Surabaya nanti adalah negatif,” kata FX Yapan yang mengumumkan secara resmi dengan didampingi unsur Muspida dan pimpinan instansi terkait.



Antara lain, Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra, Dandim 0912/Kubar Letkol Infanteri  Anang Sofyan Effendi, Wakil Bupati H Edyanto Arkan, dan Sekda Kubar Yacob Tullur. Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Kubar, Dokter Ritawati Sinaga, Direktur RSU HIS dr R Bambang Setyo Basuki dan Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Yapan mengimbau masyarakat di 16 Kecamatan se-Kubar agar mendukung dan berdoa sesuai keyakinan masing-masing. Sehingga penyebaran virus corona dapat terhenti dari Tanaa Purai Ngeriman dan seluruh Indonesia. “Saya juga memohon dukungan masyarakat agar bisa bekerjasama yang baik dalam penanganan Covid-19 di Kubar,” pesannya.



Diakuinya, Pemkab Kubar tidak bisa menyerahkan seluruh proses penanggulangan atau penanganan Covid-19 kepada Dinas Kesehatan, tim medis dan tenaga kesehatan. Tapi semua keluarga diharapkan mendukung pelayanan pemerintah dalam memerangi Covid-19 di Kubar.

Pemkab Kubar menyampaikan imbauan khusus, agar warga Kubar tidak keluar daerah untuk sementara waktu ini. Sedangkan warga luar daerah diminta tidak memasuki wilayah Kubar. Untuk memutus penyebaran wabah yang sedang melanda itu.

“Seluruh masyarakat saya imbau tetap waspada, disiplin, jaga jarak, dan kurangi kegiatan di luar rumah yang tidak terlalu penting,” ujar Yapan. #Imran Yusran

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here