Hits: 0

6 Parpol di Pilkada Mahulu Belum Tentukan Dukungan

2907_Jannes-Bungas Gagal di KPU Mahulu (2)
MENANTI: Enam partai politik di Mahulu sedianya mendukungan pasangan Jannes Hutajulu dan Hendrik Bungas Nipon di Pilkada Mahulu 9 Desember 2015. Karena dinyatakan gagal dalam verifikasi, keenam parpol masih belum menentukan sikap terbuka akan mengalihkan dukungan kepada siapa dari tiga pasangan calon yang telah ditetapkan dan memiliki nomor urut.    SONNY LEE HUTAGALUNG/KabarMahulu.com

LONG BAGUN – Enam kursi yang dimiliki enam partai politik di DPRD Kabupaten Mahakam Ulu masih lowong. Parpol tersebut belum menentukan sikap politiknya pada tiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mahulu yang akan bertarung di Pilkada Serentak, 9 Desember 2015 nanti. Namun secara pribadi, para pengurus parpol di tingkat kabupaten mengambil sikap berbeda. Partai Bulan Bintang, Partai Amanat Nasional, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, serta Partai Hati Nurani Rakyat, masih wait and see (menunggu dan melihat).

Ketua DPC PBB Mahulu, Melkior Paron Tingang, mengakui masih menunggu hasil gugatan yang dilayangkan pasangan Jannes Hutajulu dan Hendrik Bungas Nipon. Pasangan yang dinyatakan gagal dalam verifikasi pendaftaran paslon di KPU Mahulu ini disebut sedang mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara. “Saya posisi netral, Masih ada waktu kandidat lakukan gugatan. Kita hormati mereka, dan menunggu keputusan dari DPD dan DPP PBB,” ujarnya disela Pengundian dan Pengumuman Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mahulu tahun 2015 di Lamin Adat Ujoh Bilang, Long Bagun, kemarin.

Stenes Klemen Ajang selaku Sekretaris DPC PPP Mahulu mempunyai sikap terbuka. Jika sebelumnya berada pada posisi pendukung pasangan Jannes-Bungas, akan memilih pasangan nomor urut 3, Stanislaus Liah-Kila Ulee Herman. “Secara pribadi saya dukung Stanis,” sebutnya. Klemen yang duduk di DPRD Mahulu ini mengakui tetap menunggu keputusan partainya dari tingkat provinsi.

Disebut dalam parpol pengusung Jannes-Bungas, PKPI Mahulu juga masih buka suara. Namun kader PKPI Mahulu yang duduk di DPRD Mahulu, David Ngo Ingan, menyebut arah partai yang saat ini dipimpin Isran Noor itu. “Ada lobi-lobi dari PDIP dan Gerindra,” katanya menyebut parpol pengusung pasangan nomor urut 1, Bonifasius Belawan Geh-Juan Jenau.

Ketua DPD Golkar Mahulu kubu Agung Laksono, Andi Liing, belum dapat dihubungi. Namun pada pendaftaran pasangan Jannes-Bungas, ia hadir dan tegas mengaku partainya berada di barisan pengusung. “Kami dari kubu Agung Laksono mengusung Jannes-Bungas,” ujarnya saat pendaftaran. Sementara di kubu Aburizal Bakrie, ada beberapa kader yang ikut di barisan massa pasangan nomor urut 2, MS Ruslan-Valentinus Tingang.

Sikap Hanura dan PAN juga masih mengambang. Kedua parpol ini tadinya juga menjadi pengusung pasangan Jannes-Bungas. Pengurus parpol ini masih belum bisa dihubungi hingga berita ini diturunkan.   #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here