Hits: 2

Disampaikan Sekjen Hasto Kristiyanto

Momen saat Ismael Thomas bersama Didik Effendi mendaftarkan diri sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat periode 2006-2011 pada 5 Desember 2005. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bupati Kutai Barat periode 2006-2016, Ismael Thomas akhirnya memutuskan bertarung di Pemilihan Legislatif pada Pemilu tahun 2019 mendatang. Keputusan itu diambilnya untuk mengikuti perintah langsung dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Selain loyalitas kepada partai, ia sepakat dengan tekad Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, untuk ikut mengawal ideologi bangsa, yakni Pancasila.

Yaq kae, kepala daerah yaq sooq 2 x, wajib maju ja Senayan, noon awaat nopa aliran extrim (betul sekali, kepala daerah yang sudah duduk 2 periode, wajib maju ke Senayan, untuk membantu melawan aliran ekstrim),” kata Ismael Thomas kepada KabarKubar, Senin 25/6/2018 malam.



Alasan lain, menurut Thomas, keberadaannya di Senayan akan lebih mendukung program-program Provinsi Kalimantan Timur agar terealisasi dalam program Pemerintah Pusat. “Nyama yaq tengewah Kaltim, lebe lagi Kubar dan Mahulu, bisa ulih tenengan amun baq akuq de Senayan. Laman tih kan gina tekatn baq batak taai dacukng de DPR RI (Apa yang diinginkan Kaltim, terlebih Kubar dan Mahulu, kemungkinan dapat dilakukan kalau saya ada di Senayan. Selama ini kan belum pernah ada orang kita duduk di DPR RI,” katanya dalam Bahasa Dayak Tunjung. Thomas memang bertekad menjadikan bahasa daerah lebih populer di masyarakat.

Ismael Thomas saat menjalankan tugas sebagai Bupati Kutai Barat dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pernyataan itu disampaikan Thomas untuk menjawab pertanyaan KabarKubar, terkait kabar beredar jika ia serius maju di Pileg 2019 sebagai Calon Anggota DPR RI. Sebab sebelumnya Thomas yang pernah menjabat Wakil Bupati Kubar periode 2001-2006, menyatakan mengurungkan niat untuk duduk di Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta.

Sebab diakui banyak tokoh politik, Thomas punya kans besar menjadi Anggota Parlemen di Pusat. Hanya saja, peluang tersebut tidak membuat Ketua DPC PDI Perjuangan ini untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Anggota Legislatif. “Iyaq, ore akuq tih ja Senayan (Ya, tidak jadi saya ini ke DPR RI),” ungkap Thomas, Senin 4/6/2018, usai melayat almarhum Politisi PDI Perjuangan, Jeni Elpiansyah, di rumah duka, Jalan Rajawali RT 02 Kampung Gunung Rampah Kecamatan Mook Manaar Bulatn.

Informasi yang diterima KabarKubar, perintah bagi Thomas untuk maju sebagai Caleg DPR RI disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Pada momen Rapat Konsolidasi Internal Pilkada Serentak Kaltim 2018 di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan, Kamis 21/6/2018. “Benar, ada perintah disampaikan Pak Hasto, agar bapak Ismael Thomas maju ke DPR RI,” ujar Marthinus, Politisi PDI Perjuangan yang kini duduk sebagai Anggota DPRD Kaltim dari daerah pemilihan Kutai Kartanegara, Kubar dan Mahulu. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here