Hits: 1

Gelar Pekat Geleo dan Dihadiri 107 Warga Jempang

Rama Alexander Asia dan H Encik Mugnidin menjadi tumpuan harapan warga delapan kampung untuk menjadi satu wilayah kecamatan bernama Sentawar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kampung Geleo Asa dan Kampung Geleo baru mengadakan musyawarah masyarakat adat atau sempekat bersama enam kampung di dekatnya. Mereka sedianya bergabung dalam pemekaran kecamatan dari wilayah Kecamatan Barong Tongkok dan Kecamatan Melak. Disepakati, nama kecamatan berisi delapan kampung akan disebut Sentawar.

Selain kedua kampung itu, enam kampung lain adalah Muara Kalaq, Muara Benangaq, Muara Asa, Gemuhan Asa, Ombau Asa dan Muyub Ilir. Mereka pun menunjukkan dukungan moril bagi pasangan Rama Alexander Asia dan H Encik Mugnidin. Keduanya akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kubar pada Februari 2006 mendatang. Rama dan Encik akan maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar periode 2006-2011.

Didahului festival Tari Gantar, Belian Sentiu dan Lagu Rijoq selama delapan hari yang diikuti tujuh dari 18 kampung diundang. Juga diadakan pertandingan voli yang memperebutkan piala Rama-Encik. Sebanyak 107 warga Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang juga ikut ambil bagian sebagai undangan khusus dalam acara ini. Guna menyemarakkan suasana dan berbagi rasa selama empat hari bersama masyarakat Geleo.



Meski harus menempuh jarak hampir 150 kilometer, dengan menumpang sebuah truk dan dua bis yang disediakan panitia. Tujuh puluh orang dari mereka menjadi wakil warga adat suku Dayak Benuaq Jempang untuk menunjukkan kelihaiannya dalam membawakan tari-tarian tradisional Dayak Benuaq.

Saat puncak acara pada Kamis, 27 Oktober 2005, Kepala Adat Geleo Asa, D Langkasan, mengadakan penyerahan Ruratn adat. Berupa sebuah piring putih dan hidangan makanan adat untuk Rama Asia dan rombongan. Serta masyarakat sebagai perjanjian antara Pekat Geleo kepada bupati. Menunjukkan dukungan sepenuhnya untuk Rama-Encik menjadi bupati dan wakil bupati periode mendatang.

Hal itu didasari, kesempatan melihat pembangunan Kubar di masa pemerintahan Rama Asia cukup memuaskan masyarakat. Ditambah dengan adanya deklarasi dan konferensi pers dari koalisi tiga partai. Yakni Partai Damai Sejahtera, Partai Pelopor, dan Partai Demokrat. Didukung juga Partai Demokrasi Kebangsaan di Hotel Grand Victoria, Kota Samarinda pada Rabu, 19 Oktober 2005.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here