Hits: 0

SDN 010 Jambuk Makmur Jadi Percontohan

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat, Silvanus Ngampun, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kubar, Yakobus Yamon bersama Kepala SMPN 02 Bongan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BONGAN – KABARKUBAR.COM
Prestasi yang diraih SD Negeri 010 Bongan menjadi pemacu semangat dunia pendidikan di Kabupaten Kutai Barat. Sekolah di Kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan itu menjuarai Lomba Budaya Mutu SD Tingkat Nasional tahun 2019 dalam kategori SD Negeri Rujukan. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kubar berharap sekolah lain dapat mengekor prestasi itu. Sejumlah paket pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan disiapkan, termasuk di Bongan.



“Tahun 2020 di Kecamatan Bongan ini akan bertambah proyek, yaitu ada 20 paket bantuan. Ada berupa ruang kelas baru, rehab, pengadaan meubeler, dan alat IT untuk SD yang salah satunya di SDN 09 Bukit Harapan,” ungkap Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun, di sela meninjau sarpras pendidikan di Kecamatan Bongan pada Sabtu, 15 Pebruari 2020.
Dijelaskannya, sudah ada 10 paket lainnya untuk wilayah Bongan. Sebab Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menginginkan tidak hanya SDN 010 Jambuk Makmur yang maju dan dapat meraih juara tingkat Nasional. Sekolah itu berhasil menyisihkan 199 SD yang mengikuti seleksi Lomba Budaya Mutu yang dilaksanakan Direktorat Pembinaan SD, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud. “Tetapi kita mau seluruh sekolah sekitar bisa belajar dari SDN 010,” katanya kepada KabarKubar.
Silvanus Ngampun meninjau salah satu bangunan yang telah selesai di SMPN 02 Bongan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sejumlah sarpras yang telah selesai dikerjakan, lanjutnya, direncanakan untuk diresmikan oleh Bupati Kubar pada Sabtu kemarin. Termasuk empat ruang kelas baru di SDN 010 Bongan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus. Kemudian dari APBD Kubar dialokasikan di SDN 016 Bongan di Kampung Pering Talik, rehab di SMP, Asrama Jambuk dan beberapa sarpras lainnya. “Namun Pak Bupati dan Wakil ada kegiatan di luar daerah, peresmian ditunda dalam waktu dekat,” kata Silvanus Ngampun.
Di sela meninjau sarpras SDN 010, SMPN 02, SDN 09, dan SDN 013, Silvanus Ngampun mengutarakan harapan agar bangunan bantuan pemerintah tersebut dapat dipelihara. Supaya digunakan maksimal untuk kepentingan pendidikan demi meningkatkan kemajuan kualitas pendidikan.

Terlebih Bongan merupakan salah satu daerah sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara baru nantinya. “Kita harap tahun 2024 Kecamatan Bongan sudah siap menyambut IKN dengan menyiapkan SDM dan fasilitasnya secara bertahap,” terangnya.
Ia menekankan, agar seluruh sekolah dapat menjalin kerja sama yang baik dengan orangtua, masyarakat dan pihak perusahaan. Karena pendidikan berkaitan dengan tiga pilar. Yaitu pemerintah, keluarga dan sekolah, yang selalu bersinergi. Sehingga bisa mencapai jembatan peningkatan mutu yang baik.



Menanggapinya, Camat Bongan Ganjar Isukarso, berterimakasih kepada pemerintah daerah melalui Disdikbud Kubar. Atas bantuan sarpras untuk sekolah di wilayahnya. Hal yang sama juga diutarakan para kepala sekolah yang mendapat bantuan langsung tersebut. “Hal ini (bantuan sarpras) sangat diperlukan setiap sekolah. Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan ini,” ujar Alpiyansyah, salah satu kepala sekolah di Kecamatan Bongan. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here