Beasiswa dan Permodalan UMKM Jadi Program Realistis

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM
Inilah yang dilakukan Rusmadi mengatasi masalah jalan dan banjir ketika menjadi gubernur. Pemerintahan yang dipimpinnya nanti tidak ada lagi soal porsi apakah ini pekerjaan pemerintah pusat, pemerintah provinsi atau kabupaten dan kota. “Untuk masalah jalan dan banjir ditangani pemerintah. Saya berjanji tidak akan membedakan mana tanggung jawab walikota dan mana tanggung jawab gubernur atau pusat. Semua akan saya prioritaskan bisa diselesaikan masalahnya,” kata Rusmadi saat menghadiri kampanye budaya Kuda Kepang di Jalan Ekonomi Loa Buah, Minggu 14/5/2018.

Kedua masalah itu, jalan dan banjir, kata Rusmadi, dikerjakan dengan cara ‘keroyokan’. Atau berkolaborasi sumber anggaran dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dan kota. Yang perlu dilakukan adalah fasilitator, yakni ditangani dirinya secara langaung jika kelak terpilih menjadi gubernur.

Mengenai jalan-jalan beton di Kota Samarinda sudah semakin baik dibanding dengan situasi 5 tahun silam. Perbaikan itu ternyata tidak lepas dari perencanaan yang dilakukan semasa Rusmadi menjabat Kepala Bappeda. Sedangkan saat ini, persoalan banjir Kota Samarinda belum selesai dan ia targetkan bisa diatasi ketika dirinya menjabat Gubernur Kaltim. “Jalan sudah baik ke Loa Buah ya? Karena jalan-jalan sampai Loa Bakung itu bagus dibangun disaat saya Kepala Bappeda dan Sekda Kaltim,” katanya, dengan gaya humoris yang membuat segar suasana.

Rusmadi sudah punya pengalaman ketika menjadi Ketua Bappeda dan Sekdaprov. Untuk membangun jalan dan atasi banjir Samarinda, putra kelahiran Samarinda ini menyiapkan alokasi Rp600 miliar dari bantuan pemerintah provinsi. “Tapi apa yang terjadi? Karena ada masalah sosial, anggaran tidak terserap,” katanya.

Selain soal jalan dan banjir, Calon Gubernur Kaltim nomor urut 4, Rusmadi meminta kepada tokoh masyarakat Loa Buah Samarinda agar mengingatkan janjinya. Yang akan memberikan beasiswa bagi anak berprestasi di daerah tersebut dan pembangunan jalan. “Tolong Pak Tohir, ingatkan saya ya. Saya akan berikan beasiswa berprestasi yang terutama tinggal di Loa Buah,” katanya. Ia mengungkapkan, jalan menuju Loa Buah dari pusat Kota Samarinda belum baik. Ia berjanji jalan mulus akan tersambung dari Loa Bakung.

Tidak hanya masalah jalan, banjir dan beasiswa. Program yang diluncurkan Rusmadi-Safaruddin adalah program bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membuka lapangan kerja di Kota Samarinda.  “Masalah UMKM ini permodalan. Kita akan bantu pinjaman permodalan dengan bunga di bawah 7 persen. Dan pedagang tidak perlu antri ke bank atau meminjamkan agunan sertifikat rumah. Karena sudah ada lembaga penjamin Jamkrida yang melihat usaha Bapak Ibu apakah layak atau tidak diberi pinjaman,” ujar Rusmadi.

Rusmadi menegaskan program-program yang disampaikan kepada masyarakat ini bukan sekedar janji kosong. Semua program yang dirancang dalam “Kaltim Bermartabat” dengan Dasacita, sudah terukur karena dikerjakan oleh tim pengkajian para pakar. “Pemilihan Gubernur Kaltim 27 Juni 2018 bukan sekedar Pilkada. Tapi, Pilgub yang mampu memilih pemimpin yang amanah bersama rakyat memanfaatkan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat yang tenteram dan bisa kerja. Ini tanggung jawab kita semua,” jelasnya.

Benua Etam menurut Rusmadi merupakan daerah kaya dengan minyak gas, batubara dan kehutanan. Sehingga, daerah ini memerlukan kepala daerah yang mampu memimpin agar potensi kaya raya daerah ini untuk kesejahteraan masyarakat. Rusmadi- Safaruddin, sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan bekerja keras membuka lapangan kerja. Agar masyarakat bisa sejahtera dengan menggerakkan semua sektor ekonomi. #Achmad Yusuf

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here