Bupati: “Status Pj Sekda Sama Dengan Pejabat Sekda Yang Definitif”

Ir. H Achmad Sofyan, MM yang menjabat Kepala Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kubar, kini dipercayakan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Posisi yang ditinggalkan Yacob Tullur sebagai Sekretaris Kabupaten Kutai Barat lowong sejak ia purna tugas pada Senin, 1 Juni 2020. Jabatan yang diembannya sejak Rabu, 19 April 2017 itu, kini diberikan kepada Achmad Sofyan. Ia dilantik oleh Bupati Kutai Barat, FX Yapan, sebagai Penjabat Sekretaris Daerah atau Sekda Kubar tadi pagi.

Sahnya Sofyan menjadi pemimpin Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, disahkan melalui Surat Gubernur Kalimantan Timur Nomor: 821.2/III.2-3451/TUUA/BKD/2020. Perihal, Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat.



Bupati mengatakan, diangkatnya Sofyan untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda Kubar. Regulasi proses penetapan Pj Sekda, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penjabat Sekretaris Daerah. Pada Pasal 5 ayat (2) dikatakan, bupati/walikota mengangkat Pj Sekda untuk melaksanakan tugas sekda setelah mendapat persetujuan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Pasal 3 menegaskan, masa jabatan Pj Sekda sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), paling lama enam bulan. Dalam hal sekda tidak bisa melaksanakan tugas. “Dan paling lama tiga bulan dalam hal terjadi kekosongan sekda,” ujarnya dalam amanat pelantikan di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat  pada Jumat, 12 Juni 2020.

Pelantikan Achmad Sofyan sebagai Penjabat Sekretaris Kabupaten Kutai Barat pada Jumat, 12 Juni 2020 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Menurut bupati, pelantikan Pj Sekda penting. Karena mempunyai tugas strategis dalam membantu kepala daerah menyusun kebijakan. Juga mengordinasikan, dan mengorganisasi administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah. Serta pelayanan administratif di lingkungan Pemkab Kubar.

Yapan berharap Sofyan dapat melaksanakan fungsi dan tugas sekda dengan baik dan penuh tanggung jawab. Dapat mendorong, momotivasi kinerja seluruh jajaran perangkat daerah. Agar meningkatkan optimalisasi kinerjanya. “Terutama suksesnya pencapaian program-program prioritas pemerintah daerah sesuai perencanaan,” katanya.



Sofyan diminta dapat menjalankan amanah yang telah dipercayakan. Agar dilaksanakan sebaik-baiknya, karena status Pj Sekda sama dengan Pejabat Sekda yang definitif. Sementara kepada Yacob Tullur, bupati berterimakasih dan mengapresiasi kinerjanya selama ini.

“Rasa bangga saya kepada saudara Yacob Tullur, yang telah menjalankan tugas dengan penuh dedikasi sebagai Sekda Kubar. Yang tentu saja turut berperan penting dalam upaya percepatan, pemerataan dan kesejahteraan pembangunan Kubar,” ungkap Yapan. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here