Hits: 0

Diminta Pertahankan Tradisi Peraih Emas di Porprov

Nedi, Ketua Terpilih Taekwondo Indonesia Kabupaten Kutai Barat, mengenakan jubah Taekwondoin, diapit Ketua TI Kubar periode 2011-2017, Jackson John Tawi dan Ketua Harian TI Kaltim, Alfons Lung, juga Ketua I TI Kubar, Darius Kamuntik. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Enam tahun memimpin Taekwondo Indonesia Kabupaten Kutai Barat, Jackson John Tawi menorehkan sejumlah prestasi besar di cabang olahraga bela diri. Namun pada pemilihan pengurus baru untuk periode 2017-2021, ia memberi kesempatan pada sosok lain. Melalui pemilihan secara aklamasi, Nedi diputuskan menjadi nakhoda para Taekwondoin Kubar.


“Jangan kuatir, meski tidak lagi ketua, saya tetap berada di belakang untuk mendukung atlet taekwondo. Taekwondoin harus selalu semangat, jujur dan kreatif sebagai atlet,” ujar John Tawi pada Musyawarah Cabang ke-IV Taekwondo Indonesia Kabupaten Kutai Barat tahun 2017, Sabtu 9/9/2017 di Aula Hotel Sidodadi Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok.

Selain untuk regenerasi, John Tawi mengaku rancu jika ia menjadi Ketua TI atau cabor lainnya di Kubar. Sebab sebagai Ketua DPRD Kubar, ia selalu ditempatkan menjadi Pelindung atau Pembina dalam susunan setiap organisasi olahraga. “Saya selaku pembina, membina diri sendiri, kan lucu itu. Saya tetap seperti dulu, jangan segan. Saya yang biasa terjun langsung bersama atlet, tetap akan pedulli pada atlet taekwondo,” jelasnya.

Musyawarah Cabang ke-IV Taekwondo Indonesia Kabupaten Kutai Barat di Hotel Sidodadi Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok, diikuti 47 Pengurus Ranting, Taekwondoin dan Pengurus TI Kubar periode 2011-2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sementara Ketua Harian TI Provinsi Kalimantan Timur, Alfons Lung, meminta pada Ketua TI Kubar terpilih, Sersan Mayor Nedi, untuk bisa meningkatkan prestasi TI Kubar. Sebab sejak pertama terbentuk tahun 2000 dan dipimpin Stanislaus Liah, telah meraih banyak medali di beragam kejuaraan. Hingga masa kepemimpinan John Tawi sejak 2011-2017, makin bertambah perolehan medali Taekwondo Kubar.

“Di era Ketua John Tawi, TI Kubar sangat bagus perkembangan prestasinya. Banyak atlet Kubar yang diandalkan dalam even provinsi. Saya selaku Ketua Binpres (Pembinaan Prestasi) KONI Kaltim, selalu bicara dengan data. Prestasi kubar selalu raih emas dalam Kejuaraan Daerah maupun Pekan Olahraga Provinsi. Pertahankan tradisi peraih emas di Porprov,” katanya.

“Saya harap KONI Kubar menjadikan Taekwondo cabor yang utama, karena sudah terbukti prestasinya. Semoga KONI Kubar bisa kembalikan tradisi Taekwondo Kubar peraih emas,” pungkas Alfons Lung yang bergelar Master (telah meraih sabuk DAN 6).

Sekretaris KONI Kubar, Untung Surapati berharap pengurus TI Kubar akan meningkatkan prestasinya. Terlebih menghadapi Porprov tahun depan, masing-masing cabor berlomba meraih prestasi. “Kami berharap kepengurusan akan datang adalah kebersaman dan bertujuan prestasi,” katanya mewakili Ketua KONI Kubar, Ekti Imanuel.

Mewakili Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan, Ketua Terpilih jangan hanya paham Taekwondo, tapi mampu membawa organisasi ke arah lebih baik. Dan membawa prestasi ke depan. Selain punya visi baik sebagai organisasi, TI Kubar harus bertujuan tumbuh kembang prestasi atlet. “Jangan hanya mengharumkan nama daerah, tapi juga nama bangsa,” katanya melalui sambutan yang dibacakan Asisten I Setkab Kubar, Silas Sinar.

Muscab IV TI Kubar juga dihadiri Asisten I Setkab Kubar, Silas Sinar dan Sekretaris KONI Kubar, Untung Surapati. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Saya harap selalu solid dan kompak, serta satukan langkah demi kemajuan Taekwondo Kubar. Eksistensinya menjaring atlet dan membawa atlet berprestasi. Tapi tidak hanya prestasi, perlu membuat minat olahraga bagi masyarakat dan memasyarakatan olahraga,” imbuhnya.

“Saya siap bekerja sebaiknya, setidaknya bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih TI Kubar selama ini. Dengan petunjuk dari para senior, seperti pak John Tawi, serta para Saboeumnim yang selalu mendampingi Taekwondoin,” ucap Nedi, yang menyandang sabuk DAN 1.

Muscab TI Kubar ke-4 dihadiri 47 peserta yang terdiri dari pengurus ranting dan atlet Taekwondo. Hadir pula Ketua I TI Kubar, Darius Kamuntik dan Saboeumnim, Boni Wang Beraan selaku Ketua Panitia. #Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here