Siaga Bencana, Kamis Depan BPBD Siapkan Simulasi di Melak

Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Jumat 20/4/2018 di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kubar, dihadiri beragam unsur pemerintahan dan aktivis bencana.  LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kepala Satuan Sabhara Polres Kutai Barat, Ajun Komisaris Polisi Kadiyo, menilai bencana tidak hanya berupa banjir, kebakaran, tanah longsor atau angin puting beliung. Namun maraknya peredaran minuman keras yang dikonsumsi para generasi muda, juga sama berbahaya. Sehingga perlu penanganan serius dari semua pihak, tidak hanya unsur kepolisian atau instansi lainnya.

Polisi berharap digalakkan razia miras, termasuk minuman tradisional yang memabukkan seperti tuak suling atau ciu. Tidak hanya itu, Tim Sapu Bersih Ngoteng (aksi mabuk-mabukan dengan miras oplosan, alkohol pembasuh luka dan mengisap lem kambing) juga dibentuk. Sehingga generasi muda terselematkan dari bencana yang menghancurkan itu.

“Gencarkan operasi razia miras dan minuman pabrikan yang tidak berizin. Mari kita saling bahu membahu,” ujar AKP Kadiyo dalam Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Jumat 20/4/2018 di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kubar.

Dikatakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Barat, Jenton, peringatan HKBN tahun ini akan dilaksanakan di Melak. Kamis 26/4/2018. Diisi dengan latihan serentak penanganan bencana bersama masyarakat. Nantinya akan dilakukan simulasi terkait bencana banjir, kebakaran, tanah longsor dan bencana lainnya. Diharapkan warga sekitar ikut terlibat dan berpartisipasi. “Apalagi warga Melak, wajib ikut simulasi. Masak kalau kebakaran cari kita, kan kalau ada kejadian, mereka bisa mengantisipasi,” katanya kepada KabarKubar.

Asisten III Setkab Kubar, Aminuddin, memimpin rapat kordinasi dengan didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kubar Jenton, Kasat Sabhara Polres Kubar AKP Kadiyo dan Pasi Teritorial Kodim 0912/KBR Kapten Infanteri Sutrisno. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

HKBN sesuai surat Mendagri Nomor : 080/2132/SJ, dan Surat Kepala BPBD Provinsi Kaltim Nomor: B.3521/269/BPBD-II tanggal 04 April 2018. HKBN dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi ancaman, kapasitas dan resiko bencana di lingkungan sekitar.

Asisten III Setkab Kubar, Aminuddin berharap kesiapsiagaan dilakukan semua orang. Mulai dari kantor pemerintah, perusahaan, rumah ibadah dan sekolah, mempunyai kesiapan diri untuk menghadapi bencana yang mungkin terjadi. “Termasuk keluarga-keluarga harus siaga dalam menghadapi kemungkinan bencana di rumah tangga masing-masing,” katanya.

“Kesiapsiagaan Bencana juga harus memberi perhatian kepada anak-anak, dan diberi memberi arahan atau pemahaman untuk menghadapi bencana,” ujar Perwira Seksi Teritorial Komando Distrik Militer 0912/KBR, Kapten Infanteri Sutrisno.

Rakor ini dihadiri Kabid BPBD Agus S, Wakil Ketua Pramuka Kwarcab Kubar Tri Wahyudi, Kasi PSKBS Dinas Sosial Matias S, Sekretaris Dinas Kesehatan Barnabas, dan Direktur RSU HIS dr Bambang. Hadir juga Lurah Melak Ulu Mursidah, Kasi Trantib Kelurahan Melak Ilir Suryadi Irwan, Wakil Pimpinan Bankaltimtara Cabang Melak Ardiansyah, Ketua Taruna Siaga Bencana Andreas, Ketua Forum Relawan Destana Melak Ilir  Yance D Polanos, Hans Munander dari PT Thies Contraktor Indonesia, Yuli Widiastuti dari PT Firman Ketaun Perkasa, dan Hirung dari PT Trubaindo Coal Mining. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here