Martinus : “Diharapkan Pada hari H Pemilihan, Pemilih Telah Memiliki e-KTP”

KPU Kutai Barat menggelar rapat kerja bersama DPRD di ruang Komisi DPRD Kubar. Dihadiri Panwaslu, Disdukcapil dan Kesbangpol, Selasa 12/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK- KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kutai Barat menggelar rapat kerja bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Barat, Selasa 12/9/2017, sekira jam 10 pagi. Rapat yang berlangsung di ruang Komisi DPRD itu, membahas persiapan menghadapi Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur, yang akan dilaksanakan tahun 2018 nanti. Seputaran Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019 juga tak luput menjadi agenda pembahasan.

Rapat kerja tersebut diikuti Ketua KPU Kubar Fransiskus Xaverius Irianto, Sekretaris Syamsuniq, Kasubag dan Staf Operator. Juga 4 Komisioner KPU Kubar, yakni Martinus, Arkadius Hanye, Suhaini dan Johanes Nuel. Sementara dari pihak DPRD Kubar, diikuti Ketua DPRD Jackson John Tawi dan Wakil Ketua Paul Vius serta Yohannes Mas Puncan Karna dan Anita Theresia.


Tampak juga hadir, Ketua Panwaslu Kubar Muhtar Kusumaatmaja dan seluruh anggota Panwaslu, Kabid Pendaftaran Peduduk Disdukcapil Kubar Yessi Alexander serta Perwakilan Kesbangpol Suwito.

Pada Rapat Kerja bersama DPRD, KPU Kubar menyampaikan rangkaian tahapan persiapan Pilgub Kaltim Tahun 2018, Selasa 12/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Ketua KPU Kubar FX Irianto mengungkapkan, dalam rangka persiapan menghadapi Pilgub Kaltim, masih banyak pekerjaan menanti untuk dilaksanakan. Untuk itu, perlu dilakukan koordinasi yang baik dengan pihak terkait lainnya, guna kelancaran penyelenggaraan nantinya.

“Diantaranya, pembentukan PPK dan PPS. Fasilitasi Pemkab Kubar untuk sekretariatnya sangat diperlukan,” ucap FX Irianto.


Pada kesempatan itu, ia juga menyinggung tahapan persiapan pemilu, UU Penyelenggara Pemilu serta perihal pemutahiran data pemilih. “Perekaman e-KTP sangat diperlukan guna pemutakhiran data pemilih. Dalam hal ini, peran dan koordinasi Disdukcapil sangat diharapkan,” terangnya. Ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah yang ada di Kubar. Bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih, terutama pemilih pemula.

Ketua KPU Kubar FX Irianto menyerahkan PKPU Nomor 1 dan 6 Tahun 2017 kepada Ketua DPRD Kubar, Selasa 12/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Yang berhak memilih pada hari pemungutan nanti, menurut Komisioner KPU Kubar Divisi Perencanaan dan Data Martinus, ada beberapa jenis. Yaitu, Penduduk yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap, Terdaftar dalam Pemilih Tambahan dan Yang memiliki e-KTP.

“Diharapkan pada hari H nanti, semua Pemilih sudah memiliki e-KTP. Sementara untuk yang belum memiliki, kita menunggu aturan turunan PKPU,” sebut Martinus.

Langkah-langkah KPU menghadapi Pilgub Katim, mendapat apresiasi dari DPRD Kubar. DPRD juga akan memfasilitasi koordinasi KPU dengan Pemkab Kubar. “Kita berharap penyelenggaraan Pemilu berjalan lancar dan baik,” kata Jackson John Tawi. Di akhir pertemuan, FX Irianto menyerahkan PKPU Nomor 1 tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2017 kepada Ketua DPRD Kubar. #Reyber Benhouser Simorangkir


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here