Yapan: “Ini kasus yang sama dengan kampung saya Besik”

Noratim menyebut komunikasi warga perlu dengan anggota DPRD Kubar, untuk mengetahui aspirasinya. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BONGAN – KABARKUBAR.COM
Warga Blok C Kampung Jambuk Makmur mengeluhkan areal persawahan mereka yang kerap dilanda banjir. Akibatnya, setahun belakangan mereka sudah tidak lagi dapat hasil panen. Bahkan, 200 kepala keluarga di wilayah RT 9 Kampung Jambuk Makmur tidak lagi dapat menikmati beras hasil sawah sendiri.

“Sudah mau panen, malah banjir. Kami akhirnya gagal panen,” ungkap Eman Hermanto, salah seorang tokoh masyarakat Blok C, Kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan, saat Kampanye Dialogis Calon Bupati Kutai Barat, FX Yapan pada Senin, 2 November 2020.

Eman yang telah bermukim di Blok C sejak tahun 1996, menyebut banjir tersebut imbas dari hadirnya perusahaan perkebunan sawit di wilayah perkampungan. Tanggul yang dibuat perusahaan diduga telah membuat aliran Sungai Rumpa tidak normal.

Warga Blok C Kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan, mengeluhkan areal persawahan mereka yang kerap dilanda banjir, berimbas gagal panen. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Kami minta agar diaktifkan lagi sungai alam itu. Hanya Blok A yang bisa panen. Kami di Blok C dan Blok B selalu gagal panen,” katanya kepada FX Yapan yang datang bersama sejumlah tokoh politik.

Menanggapinya, Yapan mengaku tidak dapat menindaklanjuti keluhan tersebut segera. Sebab ia sedang cuti sebagai Bupati Kubar untuk melaksanakan kampanye dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah Kubar tahun 2020.

“Serahkan datanya ke saya, berapa hektar dan lokasinya, serta data pendukung lainnya. Akan kita bentuk tim terpadu bersama TNI, Polri bahkan jaksa dan instansi pemerintahan lainnya,” ujarnya.

Calon Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menyebut persoalan banjir di areal persawahan warga Blok C, sama seperti yang terjadi di Kampung Besik, dan telah diselesaikan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Yapan menyebut kasus tersebut tidak berbeda dengan yang terjadi di Kampung Besik, Kecamatan Damai. Di kampung halamannya itu, aliran sungai menyempit akibat aktivitas perusahaan perkebunan sawit.

“Ini kasus yang sama dengan kampung saya Besik. Dibentuk tim, ternyata ada bendungan, dibuka dan akhirnya aliran sungai menjadi baik kembali,” jelasnya.

“Jika nanti sudah kembali bertugas sebagai bupati, saya akan segera tuntaskan masalah ini,” imbuh Yapan, pada kesempatan yang dihadiri dua sesepuh Jambuk Makmur, H Burhan alias Abu dan H Thamrin.

H Aula yang juga warga Kampung Jambuk Makmur, mengakui aspirasi warga telah diwacanakan untuk dibahas di Gedung DPRD Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sebagai ‘Wakil Rakyat’ yang juga warga Jambuk Makmur, H Aula tegas mengatakan segera membawa aspirasi tersebut ke Gedung DPRD Kubar. Politisi yang juga Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kabupaten Kutai Barat ini mengakui, kondisi pandemi menjadi salah satu penghalang sejumlah program di tahun 2020 ini.

“Soal sawah ini sudah kami wacanakan untuk diadakan tinjauan dari DPRD Kubar. Bahkan nanti hasil tinjauan bisa kami agendakan hearing (rapat dengar pendapat). Intinya, aspirasi warga ini tidak kami diamkan,” katanya.

Komitmen warga Blok C Kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan untuk mendukung dan memilik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar nomor urut 2, FX Yapan dan H Edyanto Arkan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Juga berasal dari daerah pemilihan setempat, Noratim mengaku dilahirkan dan besar di Jambuk Makmur. Hanya saja, belum ada komunikasi dari warga dan pemerintahan kampung setempat kepadanya.

“Blok B yang ada komunikasi dengan saya. Malah tahun 2021 akan ada pembangunan saluran irigasi. Blok A dan Blok C belum ada,” ucap Politisi Partai Demokrat ini.

“Saya kelahiran Bongan dan Pak H Thamrin ini guru sekolah saya. Komunikasi yang penting, agar kita bisa bisa salurkan aspirasi. DPRD itu digaji dengan uang rakyat, tidak bekerja artinya kami makan gaji buta,” tegasnya.



Kampanye Dialogis ini dihadiri sekitar 100 warga setempat dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan. Yapan sebagai Calon Bupati Kubar periode 2021-2024 datang didampingi istri, Yayuk Seri Rahayu. Ia juga disertai Suryadi K selaku Sekretaris DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kubar.

Hadir juga dua politisi Partai Hanura lainnya, yakni Umar dan Roni Patinasrani. Tampak juga sejumlah perwakilan koalisi partai politik pengusung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar FX Yapan-H Edyanto Arkan dengan nomor urut 2. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here