Kantongi IUP 447.511 Hektare, 36 Perusahaan Diminta Transparan dan Perbaiki Jalan Rusak

0
240

Bentuk Tim Evaluasi Untuk Tingkatkan PAD

Rakor antar instansi membahas kontribusi 36 perusahaan perkebunan untuk peningkatan PAD Kabupaten Kutai Barat pada Rabu, 20 April 2022. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Sebanyak 36 perusahaan tercatat mengantongi Ijin Usaha Perkebunan atau IUP seluas 447.511 hektare di wilayah Kabupaten Kutai Barat. Namun kontribusi perusahaan kepada daerah dinilai belum maksimal. Khususnya keterbukaan yang berkaitan dengan Corporate Social Responsibility atau CSR.

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat berharap Program CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dapat dilakukan lebih transparan. Perusahaan diminta agar lebih memiliki kepekaan terhadap lingkungan daerah.

“Kami akan bentuk tim yang akan mengevaluasi peran perkebunan kepala sawit yang bersumbangsih terhadap pemerintah daerah, khususnya pada PAD (Pendapatan Asli Daerah),” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kubar, Rakhmat, di Ruang Diklat Kantor Bupati Kubar pada Rabu, 20 April 2022.

Rakhmat menyampaikan arahan mewakili Bupati Kubar dalam Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Perkembangan Perkebunan Kepala Sawit di Wilayah Kabupaten Kutai Barat. Rakor ini dalam rangka meningkatkan peran perusahaan terkait pembangunan daerah.

Tujuannya, ingin mendongkrak pembangunan di Kubar dengan harapan pihak perusahaan dapat memberi perhatian lebih terhadap pemerintah daerah.

Salah satu ruas jalan di Kabupaten Kutai Barat yang rusak akibat banyaknya truk melintas. ARSIP/KABARKUBAR.COM

Ia berharap perusahaan dapat lebih memiliki kepekaan terhadap jalan-jalan yang rusak di perkampungan. Agar dapat segera diperbaiki, karena hal itu juga merupakan kepentingan masyarakat.

“Akan kerap terjadi atau rawan kecelakaan apabila tidak diperbaiki,” katanya dalam pertemuan yang dihadiri para camat dan perwakilan organisasi perangkat daerah terkait.

Demi PAD Kubar, seluruh perusahaan termasuk perkebunan kelapa sawit, diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah.

Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian Kubar, Markus D, menyebut ada 36 perusahaan perkebunan di Kubar. Sebanyak 33 dari jumlah itu adalah perkebunan kelapa sawit. Sisanya adalah perusahaan perkebunan karet yang tersebar di 16 kecamatan.

Total Tanaman Menghasilkan ada seluas 114.498,3 hektare. Sedangkan tanaman yang sudah menghasilkan seluas 37.928,5 hektare. “Plasma yang sudah terbangun sebanyak 14.362 hektare,” jelasnya dalam rakor yang dihadiri Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setkab Kubar, Rita Nursandy dan Sudhiyanto selaku Ketua Forum CSR Kubar.

:Semoga dengan ini ke depannya seluruh PKS dapat bersama bersumbangsih terhadap pembangunan di Kubar,” pungkasnya. #Lilis Sari

 

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here