Hits: 1

Sebagian Besar Ingin Merasakan Tugas di Satuan Lain

Aipda Eko Novi Riswanto menyampaikan harapan dan pesannya di hadapan Kapolres Kutai Barat, AKBP Roy Satya Putra dan 27 rekannya yang juga naik pangkat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Ada yang menarik usai Upacara Laporan Kenaikan Pangkat Personel Polri Periode 1 Juli 2020 di Markas Komando Kepolisian Resor Kutai Barat pada Kamis, 2 Juli 2020. Sebelum bersantap siang bersama, 28 personel Polres Kubar yang naik pangkat masing-masing diminta mengungkapkan harapannya. Meski berbeda cerita, setiap personel menyatakan sikap siap bertanggungjawab dalam setiap penugasan.

“Ayo, satu persatu atau perwakilan tiap jenjang pangkat, silahkan sampaikan harapannya. Bukan keluhan ya, tapi harapan atau pesan buat juniornya,” kata Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra, seraya meminta mereka yang naik pangkat untuk mendekat.



Kapolres mengajak 28 personel yang naik pangkat untuk duduk lesehan di teras depan Mako Polres Kubar. Ia didampingi Waka Polres Kubar, Kompol Sukarman, dan para kepala bagian satuan serta Perwira Pertama lainnya.

Sebagai satu-satunya Pama Polres Kubar yang naik pangkat dari Inspektur Polisi Dua menjadi Inspektur Polisi Satu, Bagus Agung Subahendro mengawali. Pengalamannya sebagai personel Satuan Lalu Lintas sejak bertugas di Polres Kubar, dirasa butuh suasana baru. “Kami berharap mengemban fungsi lain, dapat tugas baru, dan pengalaman baru,” kata Iptu Bagus yang kini menjabat Kaur Bin Ops Satlantas Polres Kubar.

Sebanyak 28 personel Polres Kubar yang naik pangkat satu tingkat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ajun Inspektur Polisi Satu Supiyanto mengaku sudah 20 tahun bertugas di Kubar. Ia menegaskan akan melaksanakan tugas apa adanya. Ia berharap dan bertekad tidak akan melakukan pelanggaran pribadi selama mengabdi sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia.

“Dimana pun ditempatkan harus bisa menguasai tugas-tugas. Dalam dua minggu saja harus bisa kuasai,” ujarnya. “Saya harap lima tahun lagi bisa SAG (Seleksi Alih Golongan untuk Bintara menjadi Perwira),” imbuhnya.

Salah satu dari empat personel yang naik pangkat menjadi Aipda, Eko Novi Riswanto mengungkapkan betapa besarnya tantangan bertugas di hulu Sungai Mahakam. Tepatnya di Kepolisian Sektor Long Pahangai yang berada di Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu. Dimana harus menghadapi tantangan berat, bahkan risiko kehilangan nyawa.

Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra, dan para Perwira Pertama Polres Kubar, bersama mereka yang diresmikan kenaikan pangkatnya. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Yang mau kesana, tantangannya sudah maut menuju kesana. Belum bertugas sudah hadapi maut,” ungkap pria yang telah bertugas di Polres Kubar selama 16 tahun, dan di Polsek Long Pahangai sejak empat tahun lalu.

Eko Novi yang lama bertugas di Polsek Barong Tongkok, mengakui keramahan masyarakat di hulu Sungai Mahakam, khususnya warga Kecamatan Long Pahangai. Namun beratnya medan yang harus dilewati untuk menuju kecamatan yang masuk daerah perbatasan negara setelah Kecamatan Long Apari. Korban nyawa akibat kecelakaan di jalur sungai, terus mencetak angka setiap tahunnya. “Jika ada kesempatan, saya siap kembali ke Polres,” harapnya, dengan disambut tawa rekan-rekannya.

Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra, menyampaikan pesan khusus kepada mereka yang naik pangkat, dalam suasana santai di teras Mako Polres Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Brigadir Polisi Kepala Suardi, mengakui bertambahnya pangkat, bertambah pula tanggung jawab seorang Polisi. Ia yang lama bertugas di Satuan Lalu Lintas, berupaya memaksimalkan pelaksanaan tugas secara semampunya. “Penentu adalah pimpinan dan Yang di Atas. Rejeki dan lainnya semua dari Yang Maha Kuasa, kita cukup berusaha,” katanya.

Bintara lainnya juga diminta menyampaikan harapan atau pesan kepada para junior. Namun sebagian besar berharap agar mendapat kesempatan untuk menambah wawasan di satuan lain. Selain tambah pengalaman, dinilai sebagai penyegaran bagi mereka.

Menanggapinya, Kapolres meminta para perwira yang berwenang untuk memerhatikan curahan hati para bintara tersebut. “Pak Waka dan Kabag Sumda (Kepala Bagian Sumber Daya Polres Kubar, Kompol Iswahyudi), tolong dicatat. Ini serius, tolong dicatat,” ujar AKBP Roy Satya Putra.

Briptu Khaidir Noor Sabda Vijaya mendapat salam selamat dari pimpinan tertinggi di Polres Kubar usai Upacara Laporan Kenaikan Pangkat Personel Polri pada Kamis, 2 Juli 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Kubar meminta Polisi turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020. Ia menegaskan personel Polri harus memahami aturan-aturan hukum terkait Pilkada. Sehingga mampu menjelaskan apa yang salah dan benar kepada masyarakat.

Tidak hanya fungsi satuan masing-masing, Polisi mengemban fungsi Bhabinkamtibmas atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. “Personel waspadai bentuk kecurangan yang mungkin terjadi,” tegas Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP Roy Satya Putra, dalam amanatnya pagi tadi.



Setiap anggota kepolisian diharuskan mengemban fungsi Intelijen dan Keamanan. Sehingga mampu mendeteksi dini situasi atau kondisi di tengah masyarakat. “Persiapkan diri, dan pelajari aturan Pilkada. Jika nanti ada masyarakat berbuat salah, harus tahu menjelaskan apa yang salah,” katanya dalam amanat yang dihadiri seluruh Perwira Pertama atau Pama Polres Kubar.

Dari 28 personel yang naik pangkat, seorang naik dari Ipda ke Iptu, dan seorang dari Aipda ke Aiptu. Ada empat yang naik pangkat dari Bripka menjadi Aipda. Yaitu Eko Novi Riswanto, Catur Gultom, Armin Ode, dan Kule. Yang kini menyandang pangkat Bripka ada 15 personel, berpangkat Brigadir Polisi sebanyak 3 orang dan Brigadir Polisi Satu ada 4 personel. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here