Kesbangpol Tegaskan Pentingnya Hak Pilih dan Keterlibatan Politik

0
60

Pemkab, DPRD dan KPU Kubar Gelar Dialog Interaktif

Dialog Interaktif digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Barat pada Senin, 20 Juni 2022. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar dialoq interaktif. Dialog bersama DPRD Kabupaten Kutai Barat dan masyarakat Kecamatan Melak itu mengusung tema ‘Budaya dan Etika Politik’. Digelar di Kantor Kecamatan Melak pada Senin, 20 Juni 2022.

Dalam dialoq tersebut, Bupati Kutai Barat berharap kegiatan ini dapat membangun komunikasi yang baik dan harmonis antara pemerintah, wakil rakyat dan masyarakat. Terkait pembangunan yang akan datang di Kabupaten Kutai Barat.

Dengan dialoq ini, masyarakat diharap dapat memberikan kritik dan saran dalam upaya pembangunan. “Serta menjadi wadah sosialisasi dan sarana pembelajaran politik bagi masyarakat terkait penyelenggaraan Pemilu 2024 yang lebih berkualitas di masa mendatang,” katanya melalui Kepala Kesbangpol Kubar, Suwito.

Dijelaskannya, pemahaman politik ini sangatlah penting agar seluruh masyarakat mengerti dan semakin termotivasi. Serta semakin sadar akan pentingnya menggunakan hak pilihnya dengan memberikan suara pada pemilu yang akan datang.

Ia meminta forum dimanfaatkan, agar dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kapasitas diri dalam hal perundang-undangan politik, termasuk keterlibatan politik. “Dan saya ingin kegiatan ini nampak nyata dan kontributif bagi pendewasaan masyarakat dalam hidup berdemokrasi,” pesannya dalam kegiatan yang dihadiri oleh Staf Ahli DPRD Kubar, Ketua KPU Kubar Arkadius Hanyeq, dan Camat Melak H Mauliddin Said.

Ia mengimbau, agar dialoq dapat menjadi acuan evaluasi atas penyelenggaraan dan perencanaan  pembangunan guna lebih bermanfaat dan tepat sasaran. Ia mengajak bersama-sama menjadi informan dan motivator yang baik.

“Yang mampu mengerakkan sanak keluarga, rekan kerja dan handai taulan. Agar mau berpartisipasi dalam pemilu karena pentingnya keterlibatan dalam menentukan nasib bangsa ke depan,” pungkas Suwito sembari membuka dialoq interaktif tersebut.

Ketua Panitia, Simon menerangkan, dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengembangkan, dan menyerasikan serta mengsinergikan peran Pemerintah, DPRD bersama masyarakat. Dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Tujuan lainnya, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun 2024 mendatang. Usai pembukaan seremoni, langsung dilanjutkan dialoq interaktif dengan peserta terdiri dari aparatur kampung, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Materi adalah terkait budaya dan etika politik dalam proses pembangunan yang dibawakan oleh tiga narasumber dari pemerintah, DPRD  dan KPU Kubar. “Selanjutnya akan kembali kami gelar dialoq interaktif ini di Kampung Jengan Danum, Kecamatan Damai pada 27 Juni mendatang,” tutupnya dalam penyampaian laporan. #Lilis Sari

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here