Hits: 0

Sumardi: “Kita bertekad hadir dalam setiap kemalangan warga Rumpun Asa”

Sekretaris Sempekat Asa, FX Sumardi, menyerahkan santunan kemalangan kepada keluarga yang berduka. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sejak didirikan pada 18 Juli 2005, Sempekat Asa Kutai Barat bertekad menjadi organisasi yang dapat mengayomi warga Rumpun Asa. Selain bertujuan mengembangkan identitas budaya, organisasi ini berupaya memfasilitasi proses kaderisasi warganya. Yakni mereka yang berada atau berasal dari 12 kampung yang saat ini berada di wilayah Kecamatan Barong Tongkok.

Tidak hanya itu, organisasi ini ditujukan untuk mengoptimalkan peran aktif warga Rumpun Asa dalam berbagai kegiatan di Kabupaten Kutai Barat. Serta menghimpun kebersamaan, persatuan dan kesatuan warga Rumpun Asa. Dalam rangka menyongsong pembangunan Kabupaten Kutai Barat menuju hari esok yang lebih baik daripada hari ini.

Sempekat Asa bersifat non profit dan non politik. Tidak memihak kepentingan politik tertentu. Berorientasi pada penguatan eksistensi komunitas warga Rumpun Asa di dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang di Kubar.

Ketua Bidang Sosial Masyarakat Sempekat Asa, FX Sudiro, yang juga Kepala Kampung Geleo Baru, Kecamatan Barong Tongkok, memberikan santunan kepada keluarga yang berduka. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

Anggotanya adalah warga Rumpun Asa, apapun suku, agama dan bahasanya. Yang berdomisili maupun berasal dari kampung-kampung berakhiran Asa. Yakni;

  1. Asa
  2. Balok Asa
  3. Juhan Asa
  4. Juaq Asa
  5. Pepas Asa
  6. Ongko Asa
  7. Muara Asa
  8. Geleo Asa
  9. Geleo Baru
  10. Gemuhan Asa
  11. Ngenyan Asa
  12. Ombau Asa

“Juga yang historisnya berasal dari warga Rumpun Asa,” ungkap Ketua Sempekat Asa, Ayonius kepada KabarKubar pada Rabu, 16 September 2020.



Dijelaskan FX Sumardi selaku selaku Sekretaris Sempekat Asa, organisasi ini dibentuk dengan empat tujuan. Pertama, memupuk kesadaran dan kepedulian sosial untuk meningkatkan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan di kalangan warga Rumpun Asa.

Kedua, mengupayakan pemberdayaan warga Rumpun Asa dalam rangka mengembangkan kebudayaan, dan kaderisasi kaum muda. Juga meningkatkan peran aktif dalam berbagai kegiatan organisasi-organisasi lainnya. Serta kegiatan pembangunan di segala bidang di Kubar.

Ketiga, memfasilitasi upaya pemenuhan kebutuhan hidup warga Rumpun Asa, baik bersifat jasmani maupun rohani. Terakhir, memfasilitasi terwujudnya akses informasi dan komunikasi yang efektif di kalangan warga Rumpun Asa. Serta penempatan kader potensial berdasarkan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Sempekat Asa berkomitmen hadir di setiap kemalangan atau dukacita yang dialami warga Rumpun Asa. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

Pengertian Sempekat Asa adalah suatu perkumpulan yang didasarkan pada semangat kebersamaan, kesamaan histori, dan aspek kewilayahan. Serta warisa budaya leluhur dalam komunitas masyarakat yang tergabung dalam kawasan Asa di Kubar.

Berdasarkan pada semangat pembentukannya, Sempekat Asa diharapkan dapat berfungsi sebagai media komunikasi. Serta sebagai sarana untuk saling mempererat hubungan kekerabatan, antara sesama warga Rumpun Asa. Juga dengan seluruh suku bangsa di Kubar maupun daerah lain di seluruh Indonesia.

“Sempekat Asa diharapkan dapat menjadi sarana internalisasi kekerabatan bagi warga lain yang bergabung dalam komunitas Rumpun Asa,” jelas Sumardi yang pernah menjabat Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kubar selama dua periode.

Ditambahkan Sumardi, masa bakti pengurus Sempekat Asa dibatasi selama tiga tahun. Sedangkan program kerja Sempekat Asa dititikberatkan pada sembilan hal. Yakni, mempertahankan, melestarikan serta mengembangkan identitas adat dan budaya warga Rumpun Asa.

Pengurus Sempekat Asa yang juga Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat, Rita Asmara Dewi, menyerahkan bantuan dari organisasi kepada keluarga yang berdukacita. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

Kemudian, menghimpun dan mendata potensi kaderisasi kepemimpinan warga Rumpun Asa di kancah Kubar maupun Kaltim bahkan Nasional. Ketiga, memperjuangkan beasiswa pendidikan bagi pelajar atau mahasiswa warga Rumpun Asa. Lalu mendorong dan memacu kader-kader potensial untuk bisa duduk sebagai pemimpin. Baik di birokrasi pemerintahan (eksekutif) maupun di lembaga perwakilan rakyat (legislatif).

Kelima, mengoptimalkan peran warga Rumpun Asa dalam proses, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di Kubar. Keenam, menjaga harmonisasi warga Rumpun Asa dengan kerukunan-kerukunan lainnya di Kubar. Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang aman dan damai serta tentram.

Ketujuh, memperjuangkan dan mempertahankan hak-hak warga Rumpun Asa. Lalu membantu dan memfasilitasi warga Rumpun Asa yang sedang terkena musibah. Kesembilan, menghimpun warga Rumpun Asa dalam rangka tetap menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan. Dalam rangka menyongsong pembangunan Kubar yang hari esok lebih baik daripada hari ini.

“Kita bertekad hadir dalam setiap kesulitan warga Rumpun Asa. Khususnya saat terjadi kemalangan. Dalam hal peningkatan sumber daya manusia dan karirnya, juga menjadi perhatian kami,” kata Sumardi yang kini menjabat Kepala Bidang Sarana Pengembangan Wilayah pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kubar.



Surat Keputusan Sesepuh Sempekat Asa Kabupaten Kutai Barat Nomor: 001/SSP-SA/KKB/I/2014, mengesahkan Struktur dan Personalian Pengurus Sempekat Asa Kabupaten Kutai Barat Periode 2014-2019.

DEWAN PENASIHAT: Drs. Yacob Tullur, MM
   Drs. Aminuddin M.Si 
   DR. SA Samson
   FX Raing, S.Pd
   FV Munthi
   Dion Salim Purnama
   Fakundus Tjoran
   Martinus, S.Pd
   Agustinus Hingan, S.Pd

DEWAN PENGAWAS: Ir. Kornelius Yan Sinyal
   Darius, SE 
   Martinus Jelibung, SE

PENGURUS INTI:
Ketua Umum  Ayonius, S.Pd, MM 
Ketua Harian   Johansyah N, S.Pd, M.Si 
Wakil Ketua   Hilarion Mayo, S.Pd, MA 
Wakil Ketua   Nikolaus, S.Hut, M.Si
Wakil Ketua    Gregorius Gagar

Sekretaris Umum  FX Sumardi, S.Sos, M.Si 
Wakil Sekretaris  Adrianus, S.Pd 
Wakil Sekretaris  Silvia Dewi Susanti

Bendahara Umum  Ruslan Hamzah, S.Pd 
Bendahara  Endi Haryati

BIDANG BIDANG:
I. Organisasi & Kaderisasi  
Koordinator  Ismail Marzuki, S.Sos
Anggota  Abraham, SE
   Mikael Hendri Smith, SE, M.Si
   Steven, S.Hut
   Romanius Kontil
   Kornelius Supriyadi
   Robi

II. Hukum, Adat & HAM  
Koordinator  Rinsius
Anggota  Sabang
   Japri
   Fidelis Nasution
   M. Elius RD
   Salpinus Diwon
   Yayan Kurniadi
   Y Rukadisius
   Seluruh Kepala Adat Rumpun Asa

III. Politik  
Koordinator  Ipin, S.Pd
Anggota  Korneles Detang
   Robertus Nopel
   Kasimin
   Yulianus Toni (Ogon)

IV. Pemuda & Olahraga  
Koordinator  Stepanus, S.Pd
Anggota  Tobiyas Kainama
   Bernadus Raing
   Alansius
   Eliyakim
   Jito, S.Pd
   Sukamto
   Edi Wana
   Petrus
   Donatius Melodi
   Seluruh Ketua Karang Taruna Rumpun Asa

V. Ekonomi & UKM  
Koordinator  Gito Saryono
Anggota  Rita Asmara Dewi, SE
   Hironimus Stephen, ST
   Yohanes B
   Roni Patinasrani
   Veridiana Obang
   Adrianus Susanto, S.Hut
   Jamar
   Kiki

VI. Pendidikan & Kesehatan  
Koordinator  Hawel, S.Pd, M.Pd, P.hd
Anggota  Edison, S.Pd, M.Pd
   Drs. Tukacil
   Stepanus, S.Pd
   Margaritha Susanti
   Herlina, S.Kep, M.Ners
   Yustina Linda
   Suwita Winarni
   Ester Yuanita
   Senius
   Toni
   Ukut
   Marta, S.Pd

VII. Sosial Masyarakat  
Koordinator  FX Sudiro
Anggota  Kornelius, S.Pd, M.Si
   F Kader
   Sabrin
   Erikson
   Ferdinan
   Jainudin P
   Rudiyanto
   Seluruh Petinggi Rumpun Asa

VIII. Seni Budaya   
Koordinator  Petrus Bien
Anggota  Darmansyah Prabu
   Nias
   Rusli Hermawan
   Rayon
   Denny
   Jhonny TH
   Syafi’i

IX. Kerohanian  
Koordinator  Yotam, S.Pd
Anggota  Pilipus Dayak, S.Th
   Darmuis, S.Th
   Bayau, S.Th
   Effendi Walangitan, S.Th
   Joyke Kaat
   Julhani
   Robetasius Selikun
   Paulus Beribe
   Pdt. Agus

X. Pemberdayaan Perempuan  
Koordinator  Bernadeta Salora
Anggota  Wila Susanti, SE
   Lusiani, S.Pd
   Elvina Santi
   Natalia Maya
   Kesi Marlina
   Regina Neli
   Surni
   Wiwin
   Sisil
   Raeh

XI. Humas & Infokom  
Koordinator  Sipen
Anggota  Yordanius Tolaq, S.Hut
   Ismael Midun, A.Md
   Pinus Roni
   Saptarudin
   Santukius
   Sariansyah
   Markus
   Asmawi

XII. Pertanahan & Keamanan  
Koordinator  Nathanael Yudha
Anggota  Lawir
   Barnabas Bihu D
   Jonarlek Stendy Laua
   Alen
   Terpinus Eli
   Mawardi Ngajau
   Yan Heriyanto Herman
   Aloysius Erliansyah
   Januarius Felik
   Antonius Juhuri
   Elias Sevikal
   Rivaldi
   Iwan
   Sentan
   Tudot
   Jojon
   Sengkon

Terkait wujud kepedulian organisasi kepada anggota, Sumardi mengakui saat ini banyak anggota Sempekat Asa yang mengalami kesulitan. Namun dipahami, situasi ini tidak bisa dihindari di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

“Oleh sebab itu, kami buat kegiatan berbagi kepada sesama anggota. Bantuan yang diberikan diharap bisa meringankan sedikit beban para anggota yang mengalami kedukaan dalam kesulitan ekonomi,” katanya.

Seluruh anggota dan pengurus Sempekat Asa diajak untuk berdoa agar wabah Covid-19 segera berlalu. Sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti semula. “Kiranya TUHAN senantiasa menyertai kita melewati masa-masa sulit ini. Ini cobaan berat yang harus kita jalani. Tetap semangat dan saling membantu antar sesama,” pungkas Sumardi. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here