Kunjungi Kubar, Brigjend Hariyanto Salurkan Rp4,8 Miliar Bantuan Bagi Pedagang Kecil

0
106

Diserahkan 3 Bulan Sekali Rp300 Ribu

Wakapolda Kaltim, Brigjend Hariyanto, menyerahkan secara simbolis Bantuan Tunai Pangan kepada 4.000 warga Kabupaten Kutai Barat di Aula Mapolres Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Brigadir Jenderal Hariyanto mendatangi Markas Kepolisian Resor Kutai Barat. Ia menyerahkan secara simbolis bantuan untuk para pedagang kecil pada Rabu, 27 April 2022.

Sebanyak 4.000 warga telah dan akan menerima bantuan senilai masing-masing Rp1,2 juta. Total seluruhnya di tahun 2022 mencapai Rp4,8 miliar.

Uang tersebut diberikan guna membantu pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Bantuan Tunai Pangan atau BTP untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung atau KLW.

Menurut Brigjend Hariyanto, data penerima BTP KLW yang masuk mencapai 4.940 orang dari target 4.000 orang, dan terverifikasi 4.560 orang. Distribusi hingga tanggal 26 April 2022 sebanyak 1.454 orang.

“Sisa data yang belum tersalurkan sebanyak 2.546 orang dan hari ini masih dalam penyaluran,” ujarnya usai penyerahan di Aula Mapolres Kubar.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan program dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Seluruh Polda diminta terlibat dengan koordinasi bersama jajaran di bawahnya, seperti Polres dan Polsek.

“Bantuan ini merupakan bantuan pemerintah kepada pedagang kecil dan warung. Yang mana di Kubar telah tersalurkan sebanyak 2.000 ribu penerima BTP,” katanya.

Brigjend Pol Hariyanto menyapa para penerima BTP Pedagang Kaki Lima dan Warung. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 ini menambahkan, bantuan ini diberikan kepada penerima setiap tiga bulan sekali. Yang besarnya Rp100 ribu perbulan dan diberikan pertriwulan senilai Rp300 ribu.

Tahun 2021 lalu telah disalurkan kepada penerima masing-masing Rp1,2 juta dengan sekali menerima. Tahun ini berbeda, diberikan pertriwulan. “Sistem data verifikasinya bekerjasama dengan pemda agar data tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya,” jelasnya.

Kedatangan Waka Polda Kaltim disambut oleh Bupati Kubar, FX Yapan dan Ketua DPRD Kubar, Ridwai. Hadir juga Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Yudhi Prasetyo dan Kajari Kubar Bayu Pramesti.

Penyaluran BTP KLW dibarengi dengan pembukaan gerai vaksinasi. Brigjend Hariyanto mengatakan, vaksinasi untuk Kaltim pada dosis pertama sudah di atas 110 persen. Dosis kedua masuk 90 persen, dan dosis ketiga baru sekitar 19 persen. “Kutai Barat sendiri vaksinasinya termasuk tinggi,” ujar mantan Kapolres Tarakan di tahun 2006 silam.

Arahan Kapolda Kaltim, imbuhnya, vaksinasi kepada masyarakat targetnya harus lebih tinggi lagi. Ia meminta agar saling bersinergi dengan Pemda, Polri dan TNI untuk memacu target itu.

“Bersama-sama setelah lebaran ini minimal dosis kedua sudah 100 persen dan dosis ketiga 30 persen,” pungkas Brigjend Hariyanto.

Bupati Kubar, FX Yapan mengungkapkan, bantuan ini dalam rangka meringankan pedagang dalam menghadapi hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Arahan dari Presiden RI, bantuan ini akan terus disalurkan sampai kondisi Covid 19 berakhir.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi Pedagang KLW. Saya ucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah membantu pemda baik dalam penyerahan BLT ini maupun untuk vaksin Covid-19,” katanya. #Lilis Sari

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here