Hits: 0

Rama Asia Dikabarkan Maju Lewat Partai Gerindra, Jek Dari Hanura

Veridiana Wang menerima berkas berisi tiga nama yang diajukan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat sebagai bakal calon anggota legislatif ke DPD PDI Perjuangan Kaltim. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Posisi sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur cukup menggiurkan. Namun di Daerah Pemilihan Kaltim V yang mencakup Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu tampaknya sepi peminat. Jatah 3 kursi yang disediakan untuk dua kabupaten di hulu Sungai Mahakam ini sepertinya menjadi alasan kurangnya minat para Politisi untuk bertarung. Akibatnya, sejumlah partai politik membuat daftar bakal calon legislatifnya jadi ‘rahasia’.

“Saya akan maju ke provinsi, mohon doa dan dukungannya ya,” ujar Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kubar, Ekti Imanuel, baru-baru ini. Ia berharap ada figur dari DPC Partai Gerindra Mahulu yang mumpuni untuk mendampinginya merebut setidaknya satu kursi dari kuota yang ada.

“Ada pembicaraan kami, kalau Pak Agustinus Ding (Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mahulu) akan maju ke provinsi. Tapi ada wacana, Ibu Yovita Bulan yang disorong Gerindra Mahulu,” ucap Ekti Imanuel.

Yovita Bulan yang adalah istri Bonifasius Belawan Geh selaku Ketua DPC Partai Gerindra Mahulu, dikabarkan akan berjuang keras untuk duduk di DPRD Kaltim. Popularitas Bonifasius yang juga Bupati Mahulu diharapkan dapat mendongkrak suara Gerindra di Pemilihan Legislatif tahun 2019.

Ditanya rumor Alexander Rama Asia akan maju kembali ke DPRD Kaltim, Ekti Imanuel tidak membantah. Meski ia belum memastikan kabar Rama Asia yang di periode 2014-2019 berhasil duduk di DPRD Kaltim lewat Partai Hanura. “Beliau kita akui masih punya kans besar, dengan pendukung militan. Target saya adalah Gerindra dapat kursi dari Dapil Kubar-Mahulu,” jelasnya.

Ekti Imanuel yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kutai Barat, intens berkoordinasi dengan Pengurus DPD Partai Gerindra Provinsi Kaltim, untuk agenda politik partai dan niatnya maju ke DPRD Kaltim. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menjadi parpol pemenang di Kubar, telah menyetor nama Veridiana Wang, Marthinus dan Rusda Hamdadi. Dua nama pertama telah dan sedang duduk di Karang Paci (sebutan untuk gedung DPRD Kaltim). Meski telah menyetor tiga nama kadernya, PDI Perjuangan masih belum bisa santai. Sebab, masih menunggu figur dari Mahakam Ulu. DPC PDI Perjuangan Mahulu kabarnya tidak mengajukan nama kadernya, karena ingin fokus membesarkan partainya di level kabupaten.

“Pak Marthinus kemungkinan akan maju sebagai Caleg DPR RI. Kalau dari DPC PDI Perjuangan Mahulu tidak menyodorkan nama, kita di Kubar siap saja. Kader kita banyak yang layak untuk maju ke provinsi,” ungkap Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Jackson John Tawi.

Partai Hati Nurani Rakyat menyebut dua nama sudah dipastikan bertarung untuk posisi Wakil Rakyat di tingkat 1. Yakni Albert Casmith dan Oktavianus yang akrab disapa Jek. Kedua tokoh yang menjabat wakil ketua di DPC Partai Hanura Kubar, diyakini bisa mendulang suara dan optimis meraih satu kursi di DPRD Kaltim. “Satu nama lagi, kita serahkan untuk DPC Hanura Mahulu. Target kita dapat 1 kursi dari Dapil Kubar-Mahulu ini,” kata Ketua DPC Partai Hanura Kubar, Hendrik Bungas Nipon.

Bagaimana dengan Partai Demokrat? Baru nama Untung Surapati yang disebut oleh Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar, Noratim. “Pak Untung yang maju. Soal nama lain, nantilah akan kami buka. Ini strategi politik kami,” katanya kepada KabarKubar.

Duduk sebagai Wakil Rakyat Tanaa Purai Ngeriman selama 4 periode -sejak tahun 2000 hingga 2019 nanti- HM Zainuddin Thaib akan maju ke Karang Paci tahun depan. Selain ingin mencoba peruntungan di tingkat lebih tinggi, Ketua DPD Partai Golkar Kubar ini mengikuti peraturan internal parpol. “Saya memohon doa restu serta dukungan dari masyarakat Kubar dan Mahulu,” ujarnya.

Soal bakal caleg, Ketua KPU Kubar FX Irianto mengatakan, tanggal 4 Juli 2018 nanti akan dimulai pendaftaran. “Besok kami mulai sosialisasi ke parpol, terkait tahapan pencalonan DPRD Kubar dan DPRD Kaltim. Jadi selain Pilgub (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim), kami juga sibuk untuk persiapan Pileg dan Pemilihan Presiden,” katanya. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here