Hits: 0

Warga Bersilaturahmi Tanpa Batas Bersama Pejabat

Duduk melantai, H Zainuddin Thaib menerima kunjungan warga yang bersilaturahmi di kediamannya, Jalan Kapten Tausin, RT 02 Kampung Tering Seberang, Kecamatan Melak, Senin 26/6/2017.    ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

TERING – Hari kedua Lebaran, Senin 26/6/2017, rumah sejumlah pejabat atau tokoh di Kabupaten Kutai Barat masih tampak ramai. Masyarakat dari berbagai wilayah, datang bersilaturahmi membuat suasana hari raya Idul Fitri masih semarak. Sejak pagi hingga sore hari, silih berganti warga berdatangan untuk mengucapkan Selamat Lebaran.

Hal yang sama terlihat di kediaman Anggota DPRD Kubar H Zainuddin Thaib, Jalan Kapten Tausin RT 2 Kampung Tering Seberang, Kecamatan Tering. Politisi yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kubar ini, menyambut para tamu di ruangan khusus yang terletak di sebelah kanan rumahnya. Dengan santai, Zainuddin mempersilahkan para tamu duduk di lantai yang dialasi ambal tebal. “Melayani dan menyambut tamu adalah tugas lain saya selain menjadi anggota DPRD Kubar. Dari situlah saya bisa menerima keluhan dan aspirasi langsung dari masyarakat,” katanya.

Mengenakan gamis berwarna abu dan kopiah putih, mantan Wakil Ketua DPRD Kubar periode 2009-2014 ini bercengkerama dengan tamunya. Dari hal rohani hingga soal politik yang berkembang di Kubar maupun Kalimantan Timur. Mulai harga kebutuhan pokok, hingga program pembangunan di Tanaa Purai Ngeriman. Sambil sesekali menyeruput minuman ringan yang dihidangkan bersama kue-kue kering dan roti.

“Kita memang akan merasa lelah. Tapi lelah atau penat saya terobati dengan sendirinya, bila masyarakat berkunjung dengan senang hati dan disertai senyuman,” jelas Zainuddin yang menyambut dan melayani tamu sejak jam 9 pagi.

Diakuinya, tidak segan mengajak tamu berdiskusi soal isu-isu yang sedang hangat di seputar Kubar. Bahkan yang menyerempet ‘rahasia daerah’ juga terlontar dalam pembicaraan. “Soal keuangan daerah tadi, silahkan kalau mau dijadikan berita. Tidak ada yang perlu ditutupi, ini kepentingan kita semuar,” ujar Zainuddin kepada KabarKubar.com saat berkunjung sore hari tadi.

Tidak hanya dari sekitar kediaman, para tamu Zainuddin juga datang dari seputar kawasan Sendawar (Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat dan Melak). “Saya sudah lama kenal pak haji (Zainuddin) ini. Jadi biar jauh, ya tetap datang silaturahmi,” ungkap Sunyoto (49), warga Kampung Sumbersari Kecamatan Barong Tongkok, yang berjarak sekitar 30 kilometer.

Menurut Heri (32), masyarakat sekitar mengenal Zainuddin sebagai sosok sangat santun dan menghormati setiap tamu yang datang berkunjung untuk bersilahturahmi. Tanpa ada batasan golongan, ia diakui selalu mendengar aspirasi atau masukan dari masyarakat. “Tanpa segan, terkadang beliau memberikan saran atau solusi dari keluhan kami. Dan juga menerima masukan yang kami sampaikan,” kata warga Kampung Tering Lama ini.

Di kediaman Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan di Jalan Pattimura, Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak juga tampak sama. Di ruang lantai dasar Hotel Mahakam Asri yang terletak persis di depan Islamic Center, para tamu dijamu makanan dan minuman sehat beragam rasa. Namun, waktu kunjungan dibatasi mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WITA. Dengan konsep sederhana, Edyanto menyambut dan bersalaman langsung dengan para tamu. “Bapak mau bersilaturahmi sekaligus membalas kunjungan ke rumah para tokoh lain, jadi sampai jam 1 siang ini saja pak,” jelas salah seorang pengurus hotel yang juga dimiliki Edyanto Arkan.

Penulis : Andry Anhar
Editor : Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here