Hits: 1

Bupati: “Rangkul Anak Muda Kekinian Agar Mempertahankan Budaya”

Pembukaan Pentas Seni 6 Etnis diisi pemukulan gendang oeh istri Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Budaya enam etnis suku dibuka di Taman Budaya Sendawar hingga sepekan ke depan, dan berakhir Sabtu 14/4/2018 nanti. Beragam adat budaya suku Dayak Tunjung (Tonyooi), Dayak Benuaq, Dayak Bahau, Dayak Kenyah, Dayak Aoheng dan Melayu akan dipertunjukkan. Tujuannya, mengangkat seni dan budaya daerah untuk dapat dilestarikan generasi muda di Kabupaten Kutai Barat.

Diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kubar, Herman Alung, pentas seni ini juga sejalan dengan visi Kubar di bidang budaya. Sehingga sektor pariwisata lebih berpotensi dan nantinya bila dikembangkan dapat berimbas pada peningkatan ekonomi kerakyatan. Itu sebabnya, disusun program yang sekaligus memberikan apresiasi dan motivasi, serta semangat untuk berkarya.

Supaya memberikan daya tarik bagi pengunjung, dan makin meningkatkan jumlah wisatawan ke Kubar. Tujuan lainnya, untuk meningkatkan pengertian atau pemahaman masyarakat tentang pentingnya budaya. “Juga agar terwujud visi masyarakat yang semakin adil, mandiri dan sejahtera,” ujarnya melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Seki, dalam Acara Pentas Seni Promosi dan Informasi melalui Lagu dan Tarian Daerah Kubar dan Singkilan (Sandiwara Tingkilan) dari Taman Budaya Provinsi Kaltim, di Panggung TBS, Rabu 11/4/2018 malam tadi.

Para kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dalam pembukaan Pentas Seni 6 Etnis, Rabu 11/4/2018 malam tadi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sementara Bupati Kubar FX Yapan mengatakan, pentas seni ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda. Sehingga pemuda bangga akan budayanya sebagai identitas bangsa, dan  sebagai budaya warisan leluhur. “Bangkit dan bergerak cepat menyelamatkan anak bangsa atau kader generasi, merangkul anak muda kekinian agar mempertahankan budaya,” pesannya melalui Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur.

Acara ini bertema ‘Melalui Pentas Seni Budaya Kutai Barat Wujudkan Kutai Barat Sebagai Tujuan Wisata Yang Berbudaya, Menarik, Aman dan Nyaman, Menuju Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini’. Acara ini dihadiri juga Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Taman Budaya Kaltim Mohammad Guntur.

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, menyerahkan cinderamata kepada Kepala UPTD Taman Budaya Kaltim, Mohammad Guntur. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Yacob Tullur melanjutkan, hal ini menjadi suatu upaya mengenalkan budaya daerah. Dan merupakan faktor penunjang pembangunan kota. Ia berharap para pihak dapat menjadikan Kubar sebagai destinasi wisata. Dan mendorong pembangunan manusia yang berkualitas. “Dengan penerapan nilai-nilai budaya sosial yang harmonis, tertib dan aman, serta bergotongroyong,” ujarnya.

Seni budaya sebagai identitas bangsa dan daerah, kata Yacob Tullur, hendaknya tetap dipertahankan. Ia berharap, anak muda memiliki tekad melestarikan budaya yang muncul dari dalam hati. Bukan sekedar menyanyi dan menari, tapi juga bisa bermain musik.

Pembukaan pentas seni ini dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar. Diisi pemukulan Gendang, penyerahan Cinderamata oleh Pemkab Kubar kepada Kepala UPTD Taman Budaya Kaltim. Dilanjutkan dengan Nyanyian Rijoq dan Tarian Daerah dari 6 Etnis, serta Sandiwara Singkilan. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here