Hits: 0

Sabtu ini, Rencananya Kodim 0912 Gelar Pisah- Sambut Dandim

Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya didampingi Ketua Persit KCK Dim 0912/KBR memotong tumpeng syukuran HUT TNI Ke-72 di Makodim, Kamis 5/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK- KABARKUBAR.COM
Dalam rangka Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia Ke-72, Komando Distrik Militer 0912/KBR menyelenggarakan acara syukuran, Kamis 5/10/2017. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Jajaran Kodim 0912/KBR dan personel TNI-AU Perwakilan Kubar tersebut, diselenggarakan di lapangan Apel Makodim.

Komandan Distrik Militer 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya mengatakan, melalui Dirgahayu TNI Ke-72, kiranya semakin mendekatkan lagi TNI dengan rakyat. TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat, sebab kekuatan Pertahanan Semesta itu merupakan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.


“Undang- Undang sudah secara jelas menyebutkan, bahwa seluruh warga negara tanpa terkecuali wajib ikut serta dalam hal Bela Negara. Kita semua terikat dalam satu sistem, yaitu Sistem Pertahanan Semesta,” ucap Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya dalam sambutannya pada syukuran HUT TNI Ke-72 di Makodim.

Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya didampingi Ketua Persit KCK Dim 0912/KBR memberikan potongan tumpeng kepada Kapten Inf Sarno, Pasiter Dim 0912/KBR. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Lulusan Akademi Militer tahun 1998 itu menerangkan, Pertahanan Semesta itu terdiri dari komponen utama adalah TNI-Polri, komponen cadangan Veteran dan Purnawirawan serta komponen pendukung yakni seluruh masyarakat.

“Dalam artian, komponen pendukung, bukan berarti sama-sama ke Medan Tempur untuk berperang. Tapi bagaimana menjadi pendukung ruang, alat dan kondisi juang. Yakni, seluruh potensi yang dapat menjadi sistem Pertahanan Semesta, guna menghadapi ancaman, gangguan dan hambatan,” terang Perwira TNI berpangkat dua mawar emas itu.


Jika ada orang, golongan atau kelompok, tegas Pemegang tongkat Komando Dim 0912/KBR itu, yang berusaha memisahkan TNI dengan rakyat, berarti itu akan menjadi bakal lawan dan lawan. Sebab, dengan memisahkan TNI dengan Rakyat, maka sudah bertentangan dengan Undang- Undang mengenai Pertahanan Semesta. “Kita ini bangsa besar, setiap warga Negara Kesatuan Republik Indonesia harus bangga dengan itu. Sebab kita merupakan bangsa yang kuat dan pemenang,” ucapnya.

Selain berdoa agar seluruh prajurit TNI diberikan keselamatan dan kesehatan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian, acara syukuran juga dirangkai dengan pemotongan tumpeng. Pada kesempatan itu, Dandim memberikan penghargaan potongan tumpeng pertama kepada personel Kodim 0912/KBR yang tertua, yakni Kapten Inf Sarno. Ia menjabat sebagai Perwira Seksi Teritorial Kodim 0912/KBR, yang dalam waktu dekat memasuki Masa Persiapan Pensiun atau MPP.

Personel Kodim 0912/KBR beserta Jajarannnya dan Personel TNI- AU Perwakilan Kubar saat mengikuti acara syukuran HUT TNI Ke-72 di Makodim. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Sebelumnya, Bupati Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan berharap agar rakyat dan TNI selalu bergandengan tangan membangun bangsa dan negara, serta secara khusus membangun Kabupaten Kutai Barat. Terkait pembangunan Batalyon di perbatasan, tepatnya di daerah Gunung Bayan, Bupati memberikan apresiasi yang cukup tinggi. Sebab, menurutnya itu sangat diperlukan dalam hal menjaga keamanan perbatasan.


“Tentunya dengan pembangunan Batalyon, akan membuat daerah sekitarnya menjadi berkembang. Baik dari ekonomi, pendidikan dan sebagainya. Kehadiran 1000-an personel TNI diharapkan memacu perekonomian akan semakin meningkat dan tentunya keamanan akan terjaga dengan baik,” ucap Bupati usai melaksanakan upacara HUT TNI Ke-72 di Makodim.

Dalam waktu dekat juga, yakni Sabtu 7/10/2017, akan ada kegiatan pisah sambut Dandim lama dan baru di Makodim. Rencananya, Dandim 0912/KBR, Hendriawan Senjaya pindah tugas ke Mabes TNI-AD. Sebagai penggantinya yaitu Letkol Inf Rudi Setiawan, Lulusan Akademi Militer tahun 1999. Merupakan jajaran Kodam VI, bertugas di Rindam Secaba Mulawarman. #Reyber Benhouser Simorangkir


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here