Hits: 1

Pasien adalah Pelaku Perjalanan dari Kota Bogor

Seorang pasien meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar dinyatakan masuk kategori PDP Covid-19, dievakuasi ke ambulans untuk dimakamkan. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Seorang pasien meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar (HIS) pada Senin, 27 April 2020 pagi. Standar penanganan pasien terpapar corona virus disease 2019 atau Covid-19 pun diberlakukan. Pasien tersebut dinyatakan masuk kategori sebagai Pasien Dalam Pengawasan atau PDP.



“Dia masuk ke HIS dengan keluhan sesak napas, masuk kategori PDP,” ujar Direktur RS HIS, dr Akbar, saat dikonfirmasi wartawan hari ini sekira pukul 09.30 Wita.

Menurut Dokter Akbar, pasien tersebut berusia 55 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Pasien tersebut mengaku sebagai pelaku perjalanan dari Kota Bogor yang termasuk zona merah sebagai daerah terpapar virus corona.

Pasien masuk ke HIS pada Minggu, 26 April 2020 sekira jam 12 malam. Kemudian langsung ditetapkan sebagai PDP Covid-19. “Tapi dini hari tadi pasien tersebut meninggal dunia. Karena PDP, langsung kita makamkan pagi ini sesuai protokol kesehatan,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Kabupaten Kutai Barat Yacob Tullur selaku Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Kubar membenarkan kejadian itu. Namun, pasien itu belum masuk daftar PDP yang tercatat di Gugus Tugas atau ruang karantina di HIS dan Asrama Paskibra.

Pasien yang meninggal pada Senin, 27 April 2020 di RS HIS, dibawa dengan ambulans untuk dimakamkan pagi ini. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

Dijelaskannya, pasien tersebut sebelumnya telah dirawat di klinik pengobatan di kawasan Busur, Barong Tongkok. Karena keluhan sesak napas tidak ada perubahan, dan tampak parah, maka dirujuk ke HIS.

“Dia bukan warga kita, hanya karena pekerjaannya jadi berdomisili di salah satu kampung di Kecamatan Barong Tongkok,” ujar Yacob Tullur seraya menunjukkan sejumlah data terkait pasien.



“Yang penting, mari kita biasakan pola hidup sehat. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan. Kita berharap wabah ini segera berakhir,” #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here